alexametrics Category: Sleman • Radar Jogja

Siapkan Pengamanan Air Minum di Era Pandemi Covid-19 Masa New Normal

Mulai Desember 2020 Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sembada Sleman konsentrasi dalam pengamanan pengelolaan air minum di era pandemic Covid-19 masa new normal. Ini sebagaimana instruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam rangka menjamin keamanan air minum masyarakat.

Prediksi Erupsi Tetap ke Gendol

Aktivitas Gunung Merapi terlihat sangat jelas Jumat (27/11) pagi. Asap tampak membumbung tinggi di atas gunung api yang berada di perbatasan Provinsi DIJ dengan Jawa Tengah itu.

Ayo Kunjungi Destinasi Wisata Aman di Lereng Merapi

Balai Penyelidikan dan Pengamatan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogjakarta merekomendasikan hanya destinasi wisata dalam radius 5 kilometer dari puncak Merapi yang dilarang beroperasi. Hal itu diperkuat Surat Edaran Bupati Sleman Nomor 360/02057 tentang Status Siaga Merapi

Merapi Keluarkan Asap Putih Sepanjang Hari

Asap tebal berwarna putih dari puncak Gunung Merapi membumbung hampir sepanjang hari ini (27/11). Tak hanya satu, sempat pula terlihat dua asap putih dari kawasan puncak. Berdasarkan laporan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogjakarta fenomena ini adalah asap sulfatara.

Potensi Penularan dari Pihak Luar

Sebanyak 77 kasus positif Covid-19 kembali ditemukan di pendidikan berasrama pada Rabu (25/11). Meskipun demikian, proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di pondok pesantren (ponpes) tersebut masih dilakukan.

Kompetisi Secara Daring, Penilaian Luring

Sebanyak 625 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari 101 perguruan tinggi di Indonesia akan berkompetisi dalam gelaran Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-33 secara daring. Kompetisi dimulai sejak Kamis (26/11) hingga 28 November.

Perkuat UMKM, Permudah Investasi Lokal

Geliat usaha mikro kecil menengah (UMKM) menjadi cermin berputarnya roda ekonomi kerakyatan suatu daerah. Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Sleman perlu memberikan perlakuan khusus bagi para pelaku UMKM dalam pengembangan usaha.

Usulkan Insentif dan Diklat ”Pak Ogah”

Keberadaan “Pak Ogah” di hampir setiap persimpangan jalan raya masih sering menimbulkan pro kontra di masyarakat. Topik tersebut menjadi pembahasan serius dalam public hearing Raperda Ketenteraman, Ketertiban Umum, dan Perlindungan Masyarakat di Pendapa Sri Rejeki, Jembangan, Tirtoadi, Mlati, Oktober lalu.

Tak Ada Penutupan Ponpes di Gamping

Sekretaris Daerah Pemkab Sleman Harda Kiswaya memastikan proses pendidikan di pondok pesantren di Kapanewon Gamping tak terhenti. Walau angka kasus terus bertambah, namun tak ada penutupan. Lembaga pendidikan tetap beroperasi dengan sejumlah catatan.

78 Santri Ponpes di Gamping Positif Covid-19

Kabupaten Sleman kembali mengalami lonjakan kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Penambahan kasus terbaru ada 78 kasus yang berasal dari pondok pesantren (ponpes) di Kapanewon Gamping.

Miliki Zat Pengatur Tumbuh, Bisa Suburkan Tanaman

Hasil penelitian menunjukkan, pemberian variasi penyiraman menggunakan ekstrak tomat masak pada tumbuhan cabai menghasilkan tinggi tanaman yang lebih baik. Dibandingkan dengan penyiraman menggunakan air kelapa saja, air biasa atau paduan antara air kelapa dan ekstrak tomat.

Cetakan Surat Suara Tidak Merah, Malah Oranye

KPU Sleman menemukan 1.503 surat suara untuk Pilkada Sleman 2020 rusak. Padahal pada 7-8 Desember lagi, surat suara dan logistik pilkada lainnya akan mulai didistribusikan.

Kedepankan Komunikasi Bipartit

PHK kerap kali menyisakan persoalan perselisihan antara pengusaha dan pekerja. Ini biasanya terjadi jika proses PHK dilakukan tanpa mengindahkan peraturan perundang-undangan terkait hubungan industrial.

Temukan Indikasi Money Politics, Bawaslu Diminta Tegas

Tim Pemenangan Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa membentuk Gugus Tugas Anti Money Politics. Gugus tugas ini bekerja untuk mencegah dan melaporkan terjadinya praktik politik uang (money politics) pada perhelatan Pilkada 2020 Sleman yang akan digelar 9 Desember mendatang.

1.503 Surat Suara Pilkada Sleman Rusak

Sebanyak 1.503 surat suara dari total 815.791 surat suara Pilkada Sleman dilaporkan rusak. Detil kerusakan mulai dari sobek hingga pudarnya warna cetakan kertas. Kerusakan telah didata dan dilaporkan ke pihak penyedia.

Patuhi Prokes Barak Pengungsian Merapi

Berkaitan dengan penanganan bencana alam erupsi Gunung Merapi, Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Harda Kiswaya mengimbau warga terdampak untuk mengungsi sementara waktu di barak-barak yang telah disediakan pemerintah. Terutama masyarakat golongan rentan seperti lansia, anak-anak, dan ibu hamil. Pun demikian warga lain yang berdomisili di kawasan rawan bencana (KRB) 3 terdekat dari puncak Merapi.