GUNTUR AGA TIRTANA/RADAR JOGJA

SIAPKAN JALUR ALTERNATIF: Untuk mengantisipasi kemacetan di Malioboro pada musim liburan kali ini, Dishubkominfo menyiapkan jalur alternatif.

JOGJA – Kepadatan di pusat Kota Jogja di sekitar Malioboro bakal mendapatkan perhatian Dinas Per-hubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubko-minfo) DIJ. Dishubkominfo, berencana memasang papan penunjuk jalur-jalur alternatif. “Sudah disiapkan papan pengalih jalur. Kalau ter-jadi kemacetan, langsung dialihkan,” kata Kepala Dis-hubkominfo DIJ, Budiantono, kemarin.
Anton, sapaan akrabnya, mengungkapkan, jalur-jalur alternatif ini meliputi jalan-jalan di sekitar Ma-lioboro. Misalnya, jika dari arah utara, pengendara bisa tak melintasi Jalan Margo Utomo atau Jalan P Mangkubumi. Mereka masuk melalui Kotabaru. “Kami sudah koordinasi dengan kepolisian. Nanti, jika penuh akan dialihkan,” imbuhnya.
Dari perkiraan Dishubkominfo, libur akhir tahun yang dimulai sekal kemarin (25/12) akan menarik 1,2 juta pengunjung. Diprediksi pengunjung itu mayoritas meng-gunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil. Sehingga, hampir pasti akan membuat kema-cetan di kawasan Malioboro. (eri/jko/ong)

Seputar Malioboro