Selasa, 21 Aug 2018
radarjogja
icon featured
Jogja

Mengembalikan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Sesuai Rel

Senin, 11 Jun 2018 00:57 | editor : Jihad Rokhadi

Afnan Hadikusumo (kiri) calon senator yang diusung Muhammadiyah berfoto bersama tim pemenangan Saleh Chan

Afnan Hadikusumo (kiri) calon senator yang diusung Muhammadiyah berfoto bersama tim pemenangan Saleh Chan

JOGJA - Mengembalikan kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan relnya, menjadi salah satu tugas yang dibebankan Majelis Permusyawaratan Wilayah (MPW) Muhammadiyah bagi kadernya Afnan Hadikusumo. Tugas tersebut yang harus diperjuangkan Afnan jika terpilih kembali menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal DIJ.

"Kita lihat saja sendiri, sudah tidak sesuai dengan cita-cita reformasi. Salah satunya partai politik yang masuk ke DPD," ujar anggota tim Pemenangan Afnan Hadikusumo  Saleh Chan Jumat malam (9/6). Karena melihat kondisi berbangsa dan bernegara yang sudah melenceng tersebut, Muhammadiyah merasa perlu memperbaiki. "Ini salah satu peran aktif Muhammadiyah," sambungnya.

Saleh mengatakan melihat kontestasi menjadi senator yang sudah melibatkan partai politik, Muhammadiyah dinilai juga harus turut serta. Niatnya, lanjut Saleh, adalah mengembalikan DPD sebagai perwakilan kepentingan daerah bukan partai politik. Selain itu senator dari Muhammadiyah juga sudah diberikan PR lain yang harus diselesaikan jika terpilih. "Salah satunya kewenangan senator melakukan evaluasi Perda yang dibuat daerah," tuturnya.

Untuk menentukan calon senator dari Muhammadiyah, tambah Saleh, prosesnya pun sudah dimulai sejak pimpinan cabang Muhammadiyah hingga akhirnya dibawa ke Musyawaran Pimpinan Wilayah Khusus (Muspimwilsus) Muhammadiyah DIJ. Hasilnya nama Afnan yang kembali terpilih menjadi utusan dari Muhammadiyah DIJ.

Afnan sendiri mengaku sebenarnya sudah tidak bersedia kembali dicalonkan. Tapi nama-nama yang diusulkan dalam Muspimwilsus beberapa menyatakan tidak bersedia. Karena mengemban amanat harus ada utusan Muhammadiyah sebagai senator asal DIJ, cucu pahlawan nasional Ki Bagus Hadikusumo itu bersiap terpilih untuk ketiga kalinya. "Saya warga Muhammadiyah jadi ya harus bersedia mengemban amanah tersebut," ungkapnya.

(rj/pra/ong/ong/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia