Minggu, 22 Jul 2018
radarjogja
icon featured
Magelang

Sedekah 1.000 Bibit Tanaman Dibulan Suro

Selasa, 03 Oct 2017 16:38 | editor : Jihad Rokhadi

FESTIVAL KEBONKLIWON: Warga Kebonkliwon keliling dusun sambil membawa 1.000 bibit berbagai tanaman, sebelum kemudian dibagikan gratis kepada pengunjung.

FESTIVAL KEBONKLIWON: Warga Kebonkliwon keliling dusun sambil membawa 1.000 bibit berbagai tanaman, sebelum kemudian dibagikan gratis kepada pengunjung. (Adi Daya Perdana/Radar Jogja)

Masyarakat Dusun Kebonkliwon, Kebonrejo, Salaman, membagikan 1.000 bibit berbagai jenis tanaman dalam Festival Kebonkliwon yang diprakarsai pemuda setempat. Pembagian bibit pohon untuk menggalakkan program konservasi dan penghijauan di sekitar Magelang.

Sebagian besar warga Kebonkliwon berprofesi sebagai petani, dengan memproduksi berbagai bibit tanaman. Mereka memiliki cara tersendiri untuk menyambut tahun baru Hijriah ini. “Ini sekaligus menyikapi pemanasan global dengan cara penghijauan,” jelas Ketua Panitia Zaenal Faizin kemarin (2/10).

Di Dusun Kebonkliwon terdapat sekitar 350 kepala keluarga, 80 persennya memproduksi bibit berbagai tanaman. Mulai buah-buahan, tanaman langka, unik, dan lainnya. Harga setiap bibit bervariasi, Rp 30 ribu sampai ratusan ribu rupiah.

Bibit tanaman karya warga sudah dikirimkan ke berbagai daerah di nusantara. Mulai Aceh hingga Papua. Bahkan ada juga yang sudah melirik dari luar negeri, seperti Malaysia, India, Belanda, dan lain sebagainya.

“Secara religi, pembagian bibit ini diharapkan dapat keberkahan. Tanaman bibit tumbuh dan nantinya bisa berbuah yang menikmati hasilnya orang lain,” jelasnya.

Sebelum dibagikan kepada pengunjung, bibit berbagai tanaman dikirab keliling dusun terlebih dahulu. Mereka yang membawa bibit dari kalangan muda hingga orang tua. Selain kirab bibit, warga juga memamerkan ide kreativitasnya selama perjalanan.

Pemprov Jateng sendiri memberikan perhatian khusus terhadap acara ini. Meski sebagian besar masyarakat memandang menggelar acara pada bulan Suro itu sakral, Dusun Kebonkliwon justru mampu menggelar acara kreatif dan inovatif.

“Membalikkan pandangan dengan menggelar berbagai event hingga sepekan ke depan,” jelas Sutego, perwakilan dari Pemprov Jateng saat membacakan sambutan gubernur.  

(rj/ong/ong/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia