RADAR JOGJA –Penataan kawasan di utara Purworejo khususnya di wilayah seputar Kecamatan Loano akan semakin intens. Badan Otorita Borobudur (BOB) yang mengelola Glamping D’Loano sudah menyiapkan konsep untuk penataannya.

Hal itu terungkap dalam pertemuan antara Direktur utama Badan Otorita Borobudur (BOB) Indah Juanita dengan Pjs Bupati Purworejo Yuni Astuti di Ruang Bagelen kompleks kantor bupati, kemarin (26/10). Secara khusus BOB menyerahkan master plan zona Borobudur untuk bisa dilakukan pengkajian oleh Purworejo.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Purworejo Bambang Asmarajati mengatakan, Purworejo memang memiliki kepentingan dengan keberadaan zona otorita tersebut. Dari master plan yang ada, hal itu akan dipelajari dengan cepat sehingga segera ada program yang bersinergi di antara kedua pihak.”Dari BOB sendiri berharap ada sinergi dengan kawasan sekitarnya, salah satunya Purworejo ini,” kata Bambang.

Adanya pemahaman itu nantinya akan ada peningkatan sosial ekonomi masyarakat di sekitar tempat tersebut. Dengan bersinergi ada banyak keuntungan yang diperoleh oleh wilayah maupun masyarakatnya.Lebih jauh Bambang menyebut jika perencanaan kedepan, program pada OPD terkait bisa mengarah mendukung pengembangan kawasan sekitar BOB. Salah satunya pembangunan insfratruktur jalan, sehingga dapat menciptakan keterhubungan yang baik dan lancar.

Pjs Bupati Yuni sendiri berharap sinergi yang terjalin antara BOB dan Pemkab Purworejo nantinya dapat berjalan dengan konsisten. Menurutnya konsistensi sangat diperlukan, agar proyek strategis ini dapat benar-benar berjalan dan memberikan manfaat. “Semangat yang harus dijaga sekarang itu adalah konsistensi. Kalau tidak konsiten nanti repot. Karena ini proyek strategis nasional, tentunya berbagai kemeterian juga turut membantu nantinya,” kata Yuni. (udi/pra)

Purworejo