RADAR JOGJA – KPU Purworejo melakukan pengurusan terhadap perijinan pemasangan alat peraga kampanye bagai paslon dalam Pilkada Purworejo 2020. Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, apra paslon juga diminta menyiapkan masker hingga handanitizer.

Ketua KPU Purworejo Dulrokhim mengungkapkan, selain mencetak alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye, pasangan calon (paslon) juga diminta turut mengampanyekan protokol kesehatan. “Dengan dapat membuat dan mencetak masker, pelindung wajah, sarung tangan dan cairan antiseptik berbasis alkohol (handsanitizer),” kata Dulrokhim, Minggu (11/10).

Menurut dia, jika seluruh APK bagi paslon telah diserahkan pihaknya kepada yang berhak melalui penghubung, pekan lalu. Pasca-penyerahann itu, paslon bisa memasang alat peraga itu sesuai tempat yang telah ditetapkan. “Kami yang mengurus izinnya. Sementara APK yang diberikan meliputi baliho, spanduk dan umbul-umbul,” kata.

Dijelaskan Dulrokhim, jika di lapangan nantinya ada APK yang mengalami kerusakan, paslon bisa melakukan penggantian. Penggantian itu harus dilakukan di tempat semula. “Tapi harus ada laporan bukti kerusakan yang terjadi kepada KPU Purworejo. Dan penggantian itu menjadi tanggung jawab paslon, jelas Dulrokhim.

Selain APK dan bahan kampanye yang difasilitasi oleh KPU Purworejo, paslon dapat menambahkan sendiri APK dan bahan kampanye. Penambahan APK paling banyak adalah 200 persen dari jumlah maksimal dalam ketentuan PKPU tentang Kampanye Pemilihan. Sedangkan untuk penambahan BK yaitu paling banyak sejumlah 100 persen dari jumlah Kepala Keluarga di Kabupaten Purworejo. “Selain APK berupa baliho, spanduk dan umbul-umbul, pasangan calon juga dapat menambahkan pemasangan billboard dengan ukuran paling besar 4 x 8 meter, paling banyak 10 buah untuk setiap paslon,” imbuh Dulrokhum

Untuk bahan kampanye sendiri selain poster, selebaran, leaflet dan pamflet, pasangan calon juga dapat membuat dan mencetak  pakaian, penutup kepala, alat makan/minum, kalender, kartu nama, pin, alat tulis, payung, dan/atau stiker paling besar ukuran 10 x 5 sentimeter. (udi/pra)

Purworejo