RADAR JOGJA – Tempat Uji Kompetensi (TUK) Puspadanta bekerjasama dengan Direktorat jenderal Pendidikan Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) kameramen dan video editing di SMK N 2 Purworejo 24-26 September 2020.

Uji kompetensi keahlian diikuti 150 siswa. Terdiri dari 75 siswa keahlian kameramen dan 75 keahlian video editing. Peserta berasal dari lima sekolah di Purworejo diantaranya dari, SMK N 2 Purworejo, SMK N 5 Purworejo, SMK Pembaharuan.

Acara diawali dengan serah terima soal ujian dari pimpinan TUK Puspadanta R.A Eny Esyta Kolopaking kepada penguji  yakni Sukarno dan Ali Handoko yang kemudian diserahkan kepada perwakilan siswa. Peserta masing-masing keahlian mengerjakan ujian teori maupun praktek dengan penguji antara lain Oki Pambudi, Sukarno, Sindi Triguna, dan Ali Handoko.

Meskipun ujian kompetensi keahlian dilaksanakan di tengah pandemi virus Covid-19, kegiatan terlaksana dengan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

Pimpinan TUK Puspadanta R.A Eny Esyta Kolopaking mengatakan, UKK kameramen dan video editing merupakan program beasiswa uji kompetensi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Ujian kompetensi keahlian yang diselenggarakan dengan melibatkan SMK di Purworejo menurut Eny, adalah untuk memfasilitasi para siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya untuk mendapatkan sertifikat kompetensi.

“Kali ini hanya mencover 150 peserta dengan program beasiswa sebanyak 143 sedangkan 7 siswa lainnya dengan jalur mandiri. Kami berharap para siswa dapat lulus seratus persen sehingga kompetensi maupun sertifikat yang berlaku seumur hidup tersebut dapat bermanfaat untuk bekerja di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI),” tutur Eny

Sementara itu, Kepala SMK N 2 Purworejo, Dra. Elisabet Pancawati merespon baik program beasiswa uji kompetensi yang baru pertama kali digelar tersebut. Menurutnya, para siswa sangat antusias untuk mengikuti UKK kameraman dan video editing yang diadakan TUK Puspadanta. Elisabet berharap hasil dari UKK dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para siswa untuk mencari pekerjaan di kemudian hari.

Selain menyalurkan beasiswa uji kompetensi dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, TUK Puspadanta juga bekerjasama dengan Puspadanta Production dimana siswa SMK jurusan kameramen dan video editing (Broadcasting) dapat melaksanakan PKL sesuai program kegiatan dari sekolah. (*/pra)

Purworejo