RADAR JOGJA – Rekomendasi camat harus dipegang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Purworejo yang hendak melakukan reses mulai pekan depan. Ini menjadi salah satu syarat wajib sesuai dengan peraturan bupati tentang protokol Covid-19.

Hal itu disampaikan Sekretaris Protokol Kesehatan Covid-19 Purworejo, Sutrisno saat mengikuti pertemuan dengan unsur DPRD di Gedung B DPRD setempat, Kamis (10/9). Kegiatan itu sendiri dipimpin Wakil Ketua DPRD Kelik Susilo Ardani, didampingi Frans Suharmaji serta seluruh ketua komisi.

Salah satu syarat adanya kerumunan adalah rekomendasi dari camat. ”Jadi kami harapkan anggota DPRD yang hendak menyelenggarakan reses untuk melaporkan ke kecamatan masing-masing,” kata Sutrisno.

Selain itu, seluruh protokol kesehatan juga harus dipatuhi seperti menjaga jarak antar peserta reses ataupun cuci tangan terlebih dahulu. Anggota DPRD juga diminta membantu mensosialisasikan kepada masyarakat untuk bisa mengikuti aturan yang ada.

”Disini kami juga harapkan anggota DPRD juga bisa bertindak tegas dimana mereka yang tidak menggunakan masker juga tidak boleh ikut. Demikian halnya yang suhunya melebihi dari ketentuan,” imbuh Sutrisno.

Pemberian beberapa rambu kepada anggota DPRD itu dimaksudkan agar nantinya tidak muncul klaster baru dari adanya kegiatan reses. Karena jika muncul hal tersebut, tentunya akan memberikan dampak tidak baik di masyarakat.

Disinggung mengenai penindakan jika tidak ada rekomendasi dari camat, Sutrisno menyebut jika hal itu sudah menjadi ranah Satpol PP dan Damkar selaku penegak Perda. Namun, camat juga harus proaktif, dimana saat terpaksa harus tidak memberikan rekomendasi bisa mengomunikasikan ke anggota DPRD maupun Satpol PP dan Damkar.

Ketua Fraksi Nasional Demokrat (Nasdem) R Abdullah mengungkapkan jika pihaknya bisa menerima berbagai rambu yang disampaikan Tim Protokol Kesehatan Covid-19 Purworejo. Namun, dia berharap tindakan yang sama juga dilakukan oleh semua unsur. ”Di lapangan, apakah penerapan protokol itu sudah benar-benar tegak. Itu perlu dikaji lagi,” kata Abdullah. (udi/bah)

Purworejo