RADAR JOGJA – Komunitas Offroad Purworejo yang tergabung dalam Indonesia Offrtoad Federation (IOF) menggelar perayaan kemerdekaan RI dengan cara berbeda, Senin (17/8). Mereka tidak bergabung dengan upacara resmi namun menggelar sendiri dengan cara mereka di objek wisata Gunung Putri, Desa Cepedak Kecamatan Bruno, Purworejo.

Tidak sekedar menggelar upacara, setidaknya 60 kendaraan offroad harus menempuh perjalanan dari dalam kota Purworejo menuju ke destinasi wisata alam tersebut. Perjalanan yang ditempuh menggunakan rute yang telah ditentukan panitia.

Dewan Penasehat IOF Pusat, M Hardjanto mengungkapkan jika peserta tidak hanya dari Purworejo. Karena banyak peserta yang berasal dari luar kota, seperti Wates Kulonprogo, Magelang, Wonosobo dan lainnya. “Kami sengaja menggelar upacara ini di destinasi wisata untuk lebih mengenalkan potensi wisata di Kabupaten Purworejo,” ungkap Hardjanto.

Menurutnya, kegiatan yang dilengkapi dengan camping di tempat wisata itu membuat kesan khusus bagi peserta. Mereka berharap kegiatan itu digelar rutin walaupun tempatnya bisa dilakukan di lokasi yang lain.

“Kami juga berusaha bisa menggelar kegiatan secara rutin. Karena tidak hanya di momen tujuhbelasan saja kegiatan bisa digelar,” imbuh lelaki yang biasa disapa Ki Lurah Offroad ini.

Selain menggelar seremoni dan camping, komunitas ini juga melakukan bakti sosial kepada masyarakat. Dia berharap dari aksi sosial yang ada, akan bisa memberikan nilai positif bagi masyarakat.

“Medan offroad di Purworejo ini bervariasi, salah satunya di Bruno ini. Kami juga memiliki program untuk mengenalkan ini, karena tidak hanya yang ringan, yang berat juga ada,” katanya.

Pengelola wisata Gunung Putri, Arif Putra mengatakan jika tempat yang dikelolanya memang bisa dipergunakan untuk camping. Ada tempat yang cukup luas yang bisa digunakan.
“Selain lokasi kami juga ada atraksi wisata jika pengunjung menginginkan,” kata Arif. (udi/bah)

Purworejo