RADAR JOGJA – Praktik prostitusi masih saja terjadi di kawasan Gunung Tugel di Kelurahan/Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo. Padahal, Pemkab Purworejo telah melarang dan melakukan penindakan terhadap praktik mesum kawasan itu.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Purworejo Budi Wibowo menyebutkan, pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat mengenai adanya praktik prostitusi tersebut. Secara tegas dia menyatakan kawasan itu tidak pernah dinyatakan sebagai tempat prostitusi.

Instansi tersebut sudah melakukan penindakan secara tegas. “Beberapa kali kami menggelar aksi penggerebegan di kawasan itu. Kenapa kita lakukan? Karena ingin memberikan efek jera kepada para pelakunya,” tutur Budi Minggu (12/7).

Menurutnya, memang perlu ada sebuah ketegasan agar kawasan itu benar-benar bersih dari praktik prostitusi. Dia mengaku berterima kasih kepada masyarakat yang mau menginformasikan masih adanya praktik prostitusi tersebut.

“Kita tidak mungkin melakukan pengawasan selama dua puluh empat jam. Di sini peran serta dari masyarakat akan sangat membantu kita,” tambahnya.

Secara khusus, Satpol PP dan Damkar memasang papan larangan praktik prostitusi di tempat tersebut pekan lalu. Ada dua poin yang tertera dalam papan itu. Pertama, dilarang melakukan kegiatan pelacuran dan atau menyediakan tempat untuk pelacuran di seluruh Kabuaten Purworejo. Kedua, dilarang melakukan perbuatan asusila dan eksploitasi seksual lainnya dan menyediakan atau menghimpun tuna asusila untuk dipanggil dan memberikan kesempatan kepada khayalak umum untuk berbuat asusila.

“Ada empat papan yang dipasang. Tentunya, siapapun yang melewati kawasan itu akan melihatnya dan berpikir dua kali untuk berbuat,” tambahnya.

Kepala Seksi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo Endang Muryani mengungkapkan, penindakan terhadap praktik prostitusi di Gunung Tugel dilakukan dengan aturan yang jelas. Yakni, mengacu Perda Nomor 6 Tahun 2003 tentang  Penanggulangan  Pelacuran  dan  Perda  Nomor 8 Tahun 2014 tentang  Penyelenggaraan Ketertiban Kebersihan dan Keindahan. (udi/amd)

Purworejo