RADAR JOGJA – Masyarakat di Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, digerakkan untuk mengaktifkan kembali pos keamanan keliling (kamling). Bahkan, selama pandemi virus korona (Covid-19) saat ini, pos kamling juga difungsikan sebagai pos komando (posko) untuk memutus mata rantai persebaran virus tersebut.

Camat Bruno Netra Asmara Sakti mengungkapkan, semua desa di wilayahnya terdapat pos kamling. Jumlahnya tercatat 433 pos. “Semua RT (rukun tetangga) di Bruno ini ada pos kamlingnya,” kata Netra di sela penyerahan hadiah Lomba Pos Kamling Tingkat Kecamatan Bruno yang dihadiri Wakil Bupati Yuli Hastuti Jumat malam (3/7).

Netra mengungkapkan, pos kamling tetap dimanfaatkan untuk menjalankan fungsi awal yakni mendukung keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Selain itu, pos kamling juga dikembangkan menjadi pos Covid-19.

Petuga yang berjaga diarahkan untuk memantau keluar dan masuk warga. Petugas akan bertindak jika ada warga dari luar kota yang datang.

Menurutnya, peningkatan fungsi pos kamling itu sangat bermanfaat. Apalagi, warga amat antusias untuk terlibat. Kerukunan dan komunikasi antarwarga pun semakin meningkat. “Rasa kebersamaan diantara warga juga amat baik,” imbuhnya.

Wabup Yuli Hastuti mengungkapkan, tingkat persebaran Covid-19 di Kabupaten Purworejo terus menurun. Saat ini Purworejo sudah tidak lagi berada di zona oranye dan telah bergerak ke zona kuning. “Di sini bisa kita lihat jika kita mengendalikan atau memutus mata rantai persebaran Covid-19,” kata Yuli.

Keberhasilan itu tidak semata-mata dilakukan oleh pemerintah. Keberhasilan ini juga karena kepedulian dan pemahaman masyarakat yang semakin baik.

“Pemerintah sangat giat untuk memutus mata rantai. Tapi, masyarakatnya tidak peduli, ya akan percuma. Nah, di Purworejo ini, masyarakat sangat peduli sehingga kita bisa ke zona kuning,” imbuh Yuli.

Terkait peningkatan fungsi pos kamling untuk kamtibmas sekaligus pos Covid-19, Yuli menilai langkah tersebut dapat menjadi inspirasi bersama. Dia berharap program di Kecamatan Bruno itu bisa ditiru kecamatan lain.

“Saya berpesan, kita ini kan daerah bencana, Bruno apalagi. Pos yang ada itu juga dimanfaatkan juga untuk pos kewaspadaan bencana juga,” kata Wabup. (udi/amd)

Purworejo