RADAR JOGJA – Desa yang terdapat di Kabupaten Purworejo dicanangkan sebagai Kampung Tangguh Nusantara Candi oleh Polda Jawa Tengah. Desa yang dipilih adalah Desa Krandegan di Kecamatan Bayan.

Pencanangan dilakukan karena desa tersebut dinilai mampu membentengi diri dari penyebaran virus korona (Covid-19). Desa Krandegan memiliki banyak program untuk mengatasi persoalan akibat pandemi Covid-19 seperti Pasar Bergerak, Meja Anti Lapar, Baju Lebaran Untuk Si Kecil, dan Telu Nulung Siji .

Pencanangan dilakukan Bupati Purworejo Agus Bastian. Hadir dalam kesempatan itu Kabagpal Rolog Polda Jateng AKBP Teguh Tri Prasetya, Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito, dan jajaran Forkopimda Purworejo.

“Penilaian dari pusat. Jadi, desa ini menjadi lingkungan terkecil yakni di tingkat desa untuk bisa membendung penyebaran Covid-19,” kata Rizal kemarin (26/6).

Menurutnya, Purworejo merupakan lokasi pertama kali pencanangan Kampung Tangguh Nusantara Candi. Program ini merupakan proyek percontohan kolaboratif dengan para pihak terkait untuk melakukan aksi nyata di desa maupun kelurahan. Titik beratnya adalah peran aktif elemen masyarakat.

“Dari banyak desa di Purworejo, kami melihat Krandegan ini yang paling siap. Kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Adanya kampung ini ditujukan untuk menyiapkan warga untuk selalu waspada,” imbuh Rizal.

Kampung Tangguh Nusantara juga untuk membangkitkan kesadaran masyarakat untuk membangun semangat kebersamaan agar lebih waspada terhadap Covid-19. Solidaritas antarsesama warga perlu dibangun selama pandemi. Selain itu, perlu meminimalisasi dampak sosial ekonomi.

Bupati Agus Bastian mengungkapkan, saat ini Purworejo telah memasuki era new habit atau kebiasaan baru. Dalam era new habit, masyarakat boleh beraktivitas seperti biasa. Sebab, jika masyarakat harus terus berdiam diri di rumah maka perekonomiannya rentan terpuruk.

“Bukan berarti bebas seperti biasa. Tapi, kewaspadaan untuk pencegahan Covid-19 tetap menjadi prioritas. Setiap aktivitas harus tetap menerapkan protokol kesehatan, yakni wajib memakai masker, menjaga jarak antarindividu, dan sering cuci tangan pakai sabun,” katanya.

Bupati mengapresiasi peluncuran program Kampung Tangguh Nusantara Candi yang merupakan inisiatif dan digagas Polri untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 mulai dari lingkup kecil yakni desa. Dia berharap Desa Krandegan benar-benar bisa menjadi percontohan di tingkat Jawa Tengah dan nasional. (udi/amd)

Purworejo