RADAR JOGJA – Agus Bastian dan Yuli Hastuti dipastikan maju dalam pemilihan bupati (pilbup) Kabupaten Purworejo yang rencananya dihelat akhir Desember mendatang. Pasangan yang kini menjabat bupati dan wakil bupati tersebut bakal kembali berduet seperti dalam pilbup 2014 lalu.

Kepastian duet Agus dan Yuli akan maju diperoleh dari pernyataan petinggi DPC Partai Golkar Purworejo dan DPD Partai Demokrat Purworejo. Petinggi kedua partai itu membenarkan telah menjalin komunikasi untuk mengusung pasangan petahana.

Ketua DPC Partai Demokrat Purworejo Yophi Prabowo mengungkapkan, Agus Bastian telah mengantongi rekomendasi dari DPP Demokrat. Sedangan Yuli sudah memperoleh rekomendasi dari DPP Partai Golkar.”Rekomendasi dari DPP diserahkan oleh Ketua DPP Demokrat Mas Agus (Agus Harimurti Yudhoyono) langsung kepada Agus Bastian,” kata Yophi Kamis(25/6).

Penyerahan rekomendasi itu dilakukan pekan lalu. Dalam penyerahan itu, Agus Bastian didampingi petinggi DPD Demokrat Jawa Tengah. Rekomendasi itu tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 19/SK/DPP PD/VI/2020 tanggal 22 Juni 2020. Rekomendasi ditandatangani Agus Harimurti dan Teuku Riefky Harsya selaku sekretaris jenderal. “Kita memang sudah pasti untuk mengusung petahan dalam pilbup nanti. Di luar dua partai ini (Demokrat dan Golkar), kita juga menjalin komunikasi dengan partai yang lain,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pemenangan DPD Partai Golkar Purworejo Puguh Setiyadi membenarkan Yuli Hastuti bakal tetap berpasangan dengan Agus Bastian dalam bursa pilbup mendatang. Kebersamaan selama lima tahun terakhir telah membuktikan pasangan tersebut relatif kuat. “Bu Yuli sudah mendapatkan rekomendasi dari pusat untuk melanjutkan pembangunan di Purworejo,” ujar Puguh.

Puguh mengungkapkan, ada tiga partai lain yang telah menjalin komunikasi intensif. Ketiganya adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Keadilan sejahtera (PKS).

Menurutnya, koalisi masih membuka ruang komunikasi dengan partai lain. Keanggotaan koalisi semakin besar akan semakin memperkuat pasangan kandidatnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Radar Jogja, ada kemungkinan pilbup nanti diikuti lebih dari dua pasangan calon. Selain Agus Bastian-Yuli Hastuti, diprediksi ada kandidat yang diusung DPC PDIP Perjuangan Purworejo. Selain itu, ada kandidat dari koalisi yang dipimpin DPD Nasdem Purworejo dan kandidat calon perseorangan.

Nasdem dan DPC PKB Purworejo dikabarkan akan mengusung pasangan Kuswanto-Kusnomo. Kedua kandidat ini berlatar belakang sebagai anggota aktif TNI AD dan Polri.

Sementara untuk calon perseorangan adalah pasangan Slamet Riyanto-Suyanto. Pasangan independen ini masih akan menjalani tahapan verifikasi faktual. (udi/amd)

Purworejo