RADAR JOGJA – Wisata pantai menjadi salah satu tujuan warga usai masa tanggap darurat virus korona (Covid-19) di Kabupaten Purworejo berakhir pada Jumat (12/6). Ribuan warga ”menyerbu” pantai.

Salah satu pantai yang banyak dikunjungi yakni Pantai Dewa Ruci. Pantai yang juga disebut Pantai Jatimalang tersebut terlatak di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo.

Berdasar pantauan Radar Jogja Minggu (14/6), pantai tersebut ramai pengunjung saat pagi dan sore. “Sebenarnya, kami tinggal tidak jauh dari Dewa Ruci ini. Tapi selama ada wabah, kami tetap ikuti aturan untuk tidak mendatangi tempat wisata dulu,” kata Utami, warga Desa Ngentak, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo.

Utami mengaku datang bersama anggota keluarganya. Dia ingin datang ke pantai untuk melepaskan kepenatan karena lebih tiga pekan menghabiskan waktu di rumah.

Pernyataan hampir sama dilontarkan Kurnianto Legowo, warga Kelurahan Cangkrep, Kecamatan Purworejo. Dia datang bersama tiga anaknya.

“Tahu kalau pengumuman sudah relatif aman, anak-anak ngajak jalan-jalan. Akhirnya kami memilih ke pantai ini karena suasanya lebih fresh di mana anak bisa bermain dengan air tanpa harus menimbulkan kerumumnan,” kata pengawai di jajaran Setda Purworejo ini.

Haryono, salah seorang petugas pengelola, mengatakan, pengunjung yang datang sekitar dua ribu orang. Kepada setiap pengunjung, petugas menekankan pentingnya melakukan ptorokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus korona.

“Pengunjung yang datang langsung kami ukur suhu tubuhnya, kendaraan juga disemprot. Kalau ada yang tidak pakai masker, kita minta untuk mencari masker dulu,” kata Haryono. (udi/amd)

Purworejo