RADAR JOGJA – Layanan perekaman data untuk pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik di Kabupaten Purworejo kembali tersedia. Layanan sempat ditiadakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Purworejo sejak terjadi pandemi virus korona (Covid-19) lalu. Layanan kembali dibuka 27 Mei lalu.

Sekretaris Dindukcapil Purworejo Lilo Anggorowati mengungkapkan, layanan yang diberikan tetap seperti sebelumnya. ‚ÄĚSemua sudah normal kembali. Layanan rekam data ini tidak hanya di kantor dinas. Tapi, juga bisa dilakukan di tingkat kecamatan,” tegasnya Selasa (2/6).

Menurutnya, masyarakat yang hendak memanfaatkan layanan perekaman data harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Warga wajib menggunakan masker atau cuci tangan di tempat yang telah disediakan.

“Sebelumnya memang kita belum memberikan layanan. Namun sekarang semua APD (alat pelindung diri) untuk petugas sudah ada di semua kecamatan. Maka, layanan dibuka kembali,” tambahnya.

Lilos mengungkapkan, pemohon harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu sebelum melakukan perekaman. Pendaftaran bisa dilakukan secara online di website layanan Onlina.

“Nanti setelah pemberitahuan, pemohon bisa datang ke kantor kecamatan sesuai alamat atau datang ke kantor Dindukcapil Purworejo,” kata Lilos.

Dia menyatakan, proses perekaman data hingga pencetakan KTP tuntas dalam sehari. Namun, nantinya pemohon harus langsung meninggalkan lokasi setelah melakukan perekaman data.

Pemohon tidak perlu menunggu untuk memperoleh fisik KTP. “Pemohon langsung disuruh pulang. Nanti setelah jadi, KTP elektronik akan dikirim melalui pos,” imbuh Lilos. (udi/amd)

Purworejo