Rutin Rapid Test, Temukan Ada OTG

RADAR JOGJA – Tingginya angka positif virus korona (Covid-19) di Kabupaten Purworejo tidak membuat panik Bupati Purworejo Agus Bastian. Sekalipun Purworejo termasuk kabupaten yang berada di level tinggi se-Jawa Tengah

Bupati menilai hal tersebut justru semakin menguatkan niat baik Pemkab Purworejo untuk mengatasi penyakit tersebut. “Semakin banyak yang berhasil dideteksi malah semakin baik,” tegasnya Minggu  (31/5).

Menurutnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Purworejo secara rutin melakukan rapid test. Tes diarahkan di tempat-tempat yang selama ini menjadi ajang kerumunan masyarakat.

“Memang stressing ini dilakukan secara berulang-ulang. Makanya, Purworejo mendapatkan angka positif yang relatif banyak,” tambahnya.

Rapid test yang dilaksanakan rutin tersebut memang mendongkrak jumlah pasien positif virus korona. Hanya saja, dari temuan itu terungkap ada banyak orang tanpa gejala (OTG) atau tidak mengalami keluhan sakit.

“Positif OTG di Purworejo ini ada yang dirawat di rumah sakit. Kenapa? Karena di lingkungan tempat tinggal mereka belum bisa menerima. Kita lalu melangkah untuk mengisolasi positif itu di rumah sakit,” jelas Bupati.

Pemkab Purorejo terus mengedukasi masyarakat. OTG positif diupayakan untuk bisa dirawat di rumah. Hal ini akan sangat membantu kesembuhan pasien.

Berdasarkan beberapa contoh kasus, tingkat kecepatan sembuh pasien yang melakukan isolasi mandiri di rumah jauh lebih baik dibanding pasien yang berada di rumah sakit. “Berada di rumah sakit itu sebenarnya malah bisa sakit,” katanya.

Meski isolasi mandiri terbukti lebih ampuh, Agus Bastian mengaku tidak akan memaksa pasien atau warga lingkungan untuk melakukan isolasi mandiri. Dia menyebutkan, rumah sakit masih bisa dijadikan alternatif untuk isolasi.

“Pokoknya saya ingin Purworejo ini benar-benar tuntas Covid-19. Makanya, saya minta kepada dinkes, puskemas, ataupun RSUD yang melaksanakan penanganan Covid-19 untuk bekerja secara berkelanjutan sehingga pandemi ini segera usai,” harap Bupati. (udi/amd)

Purworejo