RADAR JOGJA – Seorang pejabat di lingkungan Pemkab Purworejo dinyatakan positif terpapar virus korona (Covid-19). Aparatur sipil negara (ASN) yakni Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Pemkab Purworejo Faturohman.

Saat ini dia menjalankan prosedur isolasi mandiri di rumahnya yang terletak di RT 01/RW 03 Kelurahan Pangenjurutengah. Isolasi mandiri di rumah itu dilakukan mengingat tidak ada keluhan tentang kesehatan. Warga di lingkungan temoat tinggalnya juga memberikan izin.

Faturohman dinyatakan positif Covid-19 sejak pekan lalu. Dia tealh menjalani rapid test dimana hasilnya reaktif sehingga dilanjutkan swab. “Setelah resmi dinyatakan positif, saya melakukan komunikasi dengan beberapa unsur mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan, RW, hingga RT tempat saya tinggal,” tutur Faturohman melalui sambungan telepon Rabu (13/5).

Dari komunikasi yang ada, tegas dia, warga di lingkungan tempat tinggalnya memperbolehkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Bahkan, warga membuat semacam tim kecil yang secara suka rela membantu pemenuhan kebutuhan keluarganya selama melakukan isolasi mandiri.

“Dengan keluarga sendiri, saya juga membatasi hubungan langsung. Saya tinggal di lantai tiga. Alhamdulilah untuk berbagai pemenuhan kebutuhan dibantu oleh warga,” imbuh Faturohman.

Menurutnya, isolasi mandiri dipilih karena saat ini dirinya tidak memiliki keluhan kesehatan. Dia tidak memerlukan perawatan medis.

Selain itu, dia tidak ingin membebani pemerintah yang harus mengeluarkan biaya apabila diisolasi di fasilitas kesehatan pemerintah. “Saya dan keluarga harus benar-benar disiplin mengisolasi diri dengan tidak keluar rumah. Saya, bahkan, tidak keluar kamar kalau tidak ada sesuatu yang penting,” ungkapnya.

Faturohman berharap, sikap warga RT 01/RW 03 Kelurahan Pangenjurutengah bisa membuka mata hati warga di tempat lain. “Orang yang terpapar Covid-19 bukanlah aib. Jadi, mohon dukungannya agar segera pulih dan dapat beraktivitas normal,” harapnya.

Sementara itu, Ketua RT 1 RW 3 Sis Suranto menyampaikan, pihaknya memang langsung melakukan komunikasi dengan Faturohman dan keluarganya. “Kedatangan kami untuk memastikan jika pihak keluarga yang positif ini sudah menjalani isolasi mandiri sesuai protokoler penanganan Covid-19,” katanya.

Sis menyatakan, warga memberikan dukungan terhadap keluarga Faturohman. Saalh satu bentuk dukungan tersebut adalah membentuk tim khusus yang memfasilitasi segala keperluan selama isolasi mandiri. (udi/amd)

Purworejo