RADAR JOGJA – Kesenian cing po ling yang dilestarikan warga Desa Jatirejo, Kaligesing, Purworejo menjadi sajian hiburan dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Purworejo dalam peringatan Hari Jadi ke-189 Kabupaten Purworejo di Gedung DPRD, Kamis (27/2).

Kesenian yang menggambarkan prajurit mengirimkan upeti ke Mataram yang disamarkan ini merupakan salah satu jenis kesenian yang sudah jarang ditampilkan di Kabupaten Purworejo. Bentuk tariannya unik dan berbeda dengan sajian kesenian yang lain.

Ketua kelompok seni reog cing po ling Ponco Manunggal Jati, Tukiyat mengungkapkan jika pihaknya tergerak untuk melestarikan seni tersebut karena memang keberadaannya langka di Purworejo. Tercatat, untuk Purworejo, kesenian ini hanya berkembang di Kecamatan Kaligesing dan Pituruh. “Awalnya kami juga sulit untuk melestarikan karena seni ini dianggap seni lama dan jarang ditonton orang. Dan tantangan itu membuat kami teguh untuk berjuang agar seni ini tidak hilang,” kata Tukiyat.

Selain tampilan cing po ling, Paripurna Istimewa ini juga menjadi hal yang sakral di DPRD Purworejo. Setidaknya ada prosesi potong tumpeng yang dilakukan Ketua DPRD Dion Agasi Setiabudi kepada Bupati Purworejo Agus Bastian yang disaksikan unsur pimpinan DPRD serta Forkopimda.

Dion sendiri mengungkapkan, jika momen hari jadi itu harus direspon oleh Pemkab Purworejo. Dimana Pemkab harus fokus dalam membangun Kabupaten Purworejo, khususnya, di pesisir jalur selatan untuk mendukung keberadaan Bandara Internasional Yogyakarta.

Dion menyebut, pihaknya masih melihat banyak kekurangan yang perlu mendapat perhatian. Diantaranya ada sekolah yang rusak, fasilitas kendaraan umum yang kurang memadai. “Ini bisa kita lihat masih banyak anak sekolah yang harus bergelantungan atau duduk di atas kap mobil,” kata Dion.

Dalam upaya mengatasi persoalan kemiskinan, lanjut Dion, pihaknya mengajak semua unsur masyarakat untuk bersatu padu dalam pengentasan kemiskinan dan melakukan upaya peningkatan kesejahteraan maupun kualitas pendidikan masyarakat Purworejo.

Selain itu, pihaknya juga mengajak seluruh unsur masyarakat bersatu padu dalam membangun daerah, dengan memberdayakan sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Dengan demikian, diharapkan roda pemerintahan bisa berjalan dengan baik dan tercipta keamanan serta ketenteraman sehingga dapat menarik investor untuk menanamkan investasinya di Kabupaten Purworejo.

Bupati Purworejo Agus Bastian dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya bagi jajaran DPRD Purworejo yang selalu mengingatkan Pemkab akan komitmen dan tekad bersama untuk membangun daerah. Peranan DPRD sebagai mitra eksekutif merupakan peran yang bersifat konstruktif dalam rangka penyelenggaraan roda pemerintahan. (udi/bah)

Purworejo