RADAR JOGJA – Hambatan penyusunan revisi Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang dialami Kabupaten Purworejo di Jawa Tengah dan Kabupaten Kulonprogo di Daerah Istimewa Jogjakarta terpecahkan. Delegasi kedua wilayah tersebut mencapai kesepakatan terkait batas wilayah dalam rapat koordinasi (rakor) dan penyepakatan batas wilayah di Ruang Kerja Setda Purworejo Senin (25/2).

Rakor buka Bupati Purworejo Agus Bastian. Bupati berharap ada sebuah kesepakatan bersama di antara kedua wilayah. Kesepakatan itu bisa menjadi pijakan bersama untuk bekerja sama bagi kemajuan bersama.

Dalam rakor itu, delegasi Purworejo dipimpin Sekda Said Romadhon. Beberapa unsur lain yang hadir adalah Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Daerah Istimewa Jogjakarta Trisaktiyana, Analis Penataan Wilayah pada Biro Pemerintahan Otda dan Kerja Sama Setda Provinsi Jateng Budiman, pejabat Pemprov Jateng, pejabat Pemprov DIJ, dan pejabat Pemkab Kulonprogo.

Rakor ini merupakan tindak lanjut dalam menyikapi perbedaan antara peta batas wilayah berdasarkan Permendagri Nomor 19 Tahun 2006 tentang Batas Daerah Antara Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta dengan Provinsi Jawa. ”(Itu mengacu) dengan peta batas wilayah yang dikeluarkan oleh Badan Informasi Geospasial serta peta batas wilayah sesuai perapatan pilar batas,” kata Said.

Dia mengungkapkan, dari pertemuan itu telah disepakati beberapa hal. Di antaranya, Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Kulonprogo bersepakat menggunakan peta batas wilayah perapatan pilar batas. Ini sesuai kondisi existing dengan mengacu pada peta dasar tahun 1938.

“Yang kedua, Purworejo dan Kabupaten Kulonprogo bersepakat menggunakan peta batas wilayah perapatan pilar batas untuk penyusunan peta revisi RTRW (rencana tata ruang wilayah),” tambahya.

Poin ketiga yang disepakati adalah melakukan tracking garis batas wilayah bersama untuk menentukan titik koordinasi batas wilayah. Titik koordinasi batas wilayah itu digunakan sebagai bahan revisi Permendagri Nomor 19 Tahun 2006, yang difasilitasi Pemprov Jateng dan Pemprov DIJ. (udi/amd)

Purworejo