RADAR JOGJA – Puluhan prajurit dari Yonif Mekanis Raider 412/BES/6/2 Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melakukan aksi sosial di Desa Bangdungrejo, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Kamis (6/2). Bersama masyarakat, mereka membersihkan desa dengan memotong rumput liar yang tumbuh di pinggiran jalan.

Kepala Desa Bandungrejo Maman mengaku senang wilayahnya mendapat sentuhan dari tenaga militer. Menurutnya, kualitas kebersihan dari kegiatan yang melibatkan prajurit sangat berbeda dibandingkan kerja bakti yang hanya dilakukan masyarakat. Kualitas kebersihan kegiatan yang melibatkan prajurit lebih baik.

“Pak Tentara melakukan pembersihannya sangat teliti. Jauh dibandingkan saat digelar kerja bakti biasa,” kata Maman.

Selain itu, Yonif Mekanis Raider 412/BES/6/2 Kostrad juga mendirikan barak khusus. Barak tersebut khusus untuk memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat.

Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) Mekanis Raider 412/BES Kostrad M. Renaldy Herbowo mengatakan, aksi sosial itu menjadi bagian dari upaya peningkatan kemampuan profesionalisme prajurit. Pembersihan lingkungan juga diarahkan untuk mendidik prajurit untuk tetap kembali kepada masyarakat. “Sebab, masyarakat adalah orang tua dari TNI itu sendiri,” kata Renaldy.

Menurutnya, Raider dituntut selalu mampu menyelesaikan permasalahan yang bersifat strategis. Raider mesti terjun jika ada ancaman keamanan yang genting sebagai penindakan pertama atas perintah komando.

“Setiap keberhasilan yang ada, itu tidak bisa lepas dari dukungan masyarakat sekitar,” tambahnya. (udi/amd)

Purworejo