RADAR JOGJA – Jelang malam pergantian tahun Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP & Damkar) Purworejo berhasil mengungkap peredaran minuman beralkohol (mihol). Diketahui mihol di Purworejo ternyata berasal dari Kulonprogo.

Kasatpol PP dan Damkar Purworejo, Budi Wibowo, menyebut, pelaku penjual mihol sebagian besar merupakan pemain lama. Mereka terus kucing-kucingan dengan petugas untuk penjualannya. “Ada tren peningkatan persediaan mihol jelang Tahun Baru ini. Tapi kami sudah lakukan antisipasi dengan menyisir beberapa titik yang diduga menjadi titik peredaran,” kata Budi Wibowo, kemarin (27/12).

Ada tiga orang pedagang yang tertangkap basah menyediakan minuman tersebut. Tercatat dalam operasi Natal dan Tahun Baru ini, Satpol PP dan Damkar Purworejo berhasil mengamankan sebanyak 1.097 botol minuman dari berbagai merek.

Jenis yang paling banyak diamankan adalah ciu. Ini bisa dimaklumi karena harga jualnya relatif terjangkau. Selain itu masih ada beberapa merek. “Kalau di Purworejo, rata-rata yang beredar adalah ciu. Mungkin karena lebih murah ya, karena konsumen biasanya adalah pengangguran ataupun pemuda tanggung,” tambah Budi.

Selama ini, lanjut dia, Satpol PP dan Damkar Purworejo memang rutin melakukan operasi di wilayah yang menjadi sasaran. Kebiasan ini ternyata dibaca oleh para pengedar atau penjual. “Peredaran atau pembelian sekarang sudah bergeser. Tidak lagi malam hari, tapi di pagi atau siang hari,” katanya. “Permasalahannya lagi, yang menjual sebenarnya juga hanya itu-itu saja. Tidak kapok mereka,” tambahnya.

Disinggung asal mihol yang beredar di Purworejo, Budi mengaku jika barang itu berasal dari Wates, Kulonprogo. Hanya saja, para penjual tidak pernah menjelaskan secara detail lokasi persisnya. “Rata-rata atau sebagian besar memang dari Wates. Yang dari daerah lain agak jarang,” tuturnya.

Semakin mendekati perayan Tahun Baru, Budi mengaku jika pihaknya akan terus mengintensifkan operasi. Berbagai informasi dari masyarakat akan sangat membantu pihaknya dalam melakukan pengungkapan atau memutus mata rantai peredaran mihol di Purworejo. (udi/pra)

Purworejo