PURWOREJO – Dalam rangka memasarkan dan meningkatkan perkembangan usaha kecil menengah (UKM), PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk sebagai pengelola ritel modern Alfamart bekerjasama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan menyelenggarakan kegiatan peluncuran pemasaran produk UKM Kabupaten Purworejo. Acara dilangsungkan di Toko Alfamart Alun-Alun Kabupaten Purworejo, Kamis (20/6).

Seremoni peluncuran pemasaran produk UKM ini dihadiri Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan Gandi Budi Supriyanto, Deputy Branch Manager Alfamart Dede Jaya Wardhana, Corporate Comunication Muhammad Afran, serta Branch Corporate Communication Specialist Eko Mujianto. Hadir pula perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta pelaku UKM di Purworejo.

Kepala Din KUKMP Gandi Budi Supriyanto mengatakan, sebenarnya ada 60 produk UKM yang sudah layak untuk bisa dipasarkan di Alfamart. Hanya saja, UKM tersebut masih terkendala kontinyuitas produk.

“Banyak produk UKM kita yang layak masuk Alfamart. Buktinya sudah ada 31 produk yang bisa ikut dipajang. Itu merupakan hasil seleksi dari 60 produk yang sudah dinyatakan layak oleh Alfamart,” kata Gandi.

Ia meminta UKM yang lain segera berbenah dan pihaknya akan terus membantu produk-produknya bisa menembus pasar modern, terutama Alfamart.  “Kami sudah berkomitmen baik dengan Alfamart. Karena nantinya tidak hanya satu toko saja, tapi ada beberapa toko yang lain di Purworejo,” kata Gandi.

Deputy Branch Manager Alfamart Dede Jaya Wardhana mengungkapkan, Alfamart sangat terbuka bagi produk-produk lokal untuk bisa dipasarkan lewat toko-toko Alfamart. “Kegiatan launching ini dilaksanakan sebagai wujud dukungan terhadap program pemerintah dalam mengembangkan usaha kecil menengah dan menciptakan sinergi yang baik dengan pengusaha kecil untuk bisa berkembang,” ujar Dede.

Wabup Yuli Hastuti sendiri memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya. Menurutnya, UKM merupakan penggerak ekonomi bangsa dan usaha ini turut mendukung pengusaha lokal untuk bisa makin maju. “Kami menyambut baik inisiatif Alfamart untuk turut mengembangkan potensi usaha lokal, khususnya di Purworejo,” ujarnya.

Ia juga mengatakan potensi produk lokal harus digali dengan maksimal. “Saya yakin, potensi produk-produk binaan kita ini bisa lebih diterima masyarakat umum, sehingga nilai perekonomiannya seharusnya bisa lebih menghasilkan lagi,”  tambah Yuli.

Untuk itu, Yuli berharap dengan diberikannya ruang dan kesempatan oleh Alfamart dalam pemasaran produk UKM yang ada di Purworejo, jejak seperti ini dapat diikuti ritel-ritel modern lainya di kabupaten ini. (*/laz/rg)

Purworejo