PURWOREJO – Kegiatan donor darah menyambut Hari Bhayangkara ke-73 yang diadakan Polres Purworejo diikuti ratusan orang. Mereka terdiri dari anggota Polri bersama dengan TNI dan Bhayangkari serta masyarakat umum.

Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangungsong menilai, jika donor darah lebih dari sekadar memberikan darah untuk diberikan kepada orang lain. Menurutnya, ada banyak nilai sosial yang bisa diperoleh dari donor darah ini.

Menurutnya, dengan ketersediaan yang cukup di PMI akan darah bisa memberikan pertolongan kepada orang yang membutuhkan. Hal ini akan sangat berbeda jika stok yang ada menipis atau malah tidak ada.  “Memang darah yang diambil tidak semuanya bisa digunakan tapi dari sedikit yang bisa digunakan itu akan sangat membantu orang lain,” tambahnya.

Memilih kegiatan sosial berupa donor darah, menurut Indra, memang tidak secara langsung bersinggungan dengan masyarakat. Namun kemanfaatan sosialnya amat tinggi. Sehingga dia memang mendorong agar kegiatan sosial itu bisa dilakukan jelang HUT Bhayangkara ke-73 itu.  “Sebenarnya tidak hanya bagi orang lain yang menerima transfusi darah kita. Namun bagi diri sendiri juga memberikan kemanfaatan,” tambahnya.

Menurutnya, mendonorkan darah akan menyegarkan sirkulasi darah dalam tubuh dan menyehatkan organ. Jadi yang donor akan bertambah sehat sedangkan yang menerima akan terselamatkan jiwanya. (udi/din/fj)

Purworejo