PURWOREJO – Jalan poros kabupaten yang ada di Purworejo perlu dilakukan peningkatan dan pelebaran hingga 12 meter. Kondisi jalan yang ada saat ini dinilai relatif sempit dan kurang mendukung upaya peningkatan kunjungan wisatawan.

Ketua DPRD Kabupaten Purworejo Luhur Pambudi Mulyono mengungkapkan, setidaknya ada tiga akses jalan yang harus dilakukan kajian untuk ditingkatkan. Dengan adanya peningkatan tersebut akan berdampak baik bagi Purworejo, khususnya di sektor pariwisata.

“Jalan ke Kecamatan Kemiri dan Pituruh dari Terminal Suronegaran perlu mendapat perhatian. Dari Seren sampai Kemiri dan Pituruh masih terlalu sempit. Apalagi jalan ini menjadi jalan poros kabupaten yang terhubung dengan Kebumen,” kata Luhur, Senin (9/4).

Menurut Luhur, jika jalan itu ditingkatkan setidaknya akan membawa dampak baik bagi masyarakat karena memudahkan mereka melakukan aktivitas ekonomi. Selain itu, potensi wisata yang ada di Kecamatan Kemiri maupun Pituruh bisa terdongkrak.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Purworejo Suranto mengungkapkan, dalam tahun 2019 ada beberapa paket pekerjaan yang akan dilakukan pihaknya. Di kawasan timur akan ada DAK Penugasan dari pemerintah pusat yakni penanganan ruas Banyuasin-Cacaban.

“Untuk ini dananya cukup besar karena nantinya untuk mendukung keberadaan BOB dan menjadi jalan ke arah Magelang,” kata Suranto.  Jalur wisata juga akan diperbaiki di ruas Purwodadi-Bubutan. Jalan ini akan diperlebar dan dimungkinkan ada beberapa titik yang dibeton. (udi/laz/by)

Purworejo