PURWOREJO – Tempatkan barang berharga dan memiliki nilai jual di tempat yang aman saat sengaja ditinggal karena ada keperluan. Walaupun hanya sebentar, langkah itu perlu dilakukan jika tidak ingin mengalami kerugian seperti yang dialami Muh Ramdhan Muryono, pemilik usaha Rejeki Jaya Aluminium di Purworejo.

Ya, dompet yang diletakkan di dalam laci meja dan handhphone di atas speaker aktif, Ramdhan tidak mendapati lagi HP-nya uang di dalam dompet berkurang. Dia meninggalkan barang itu untuk ibadah salat di masjid yang tidak jauh dari tempat usahanya.

Kejadian apes itu menimpanya tidak hanya sekali, tapi tercatat dua kali. Dua kejadian sebelumnya kehilangan uang, dan peristiwa ketiga yang hilang handphone yang menjadi alat komunikasinya.

Kapolsek Purworejo Kota AKP Markotip mengungkapkan, korban melaporkan kejadian itu ke Polsek Kota, Rabu (27/3). Dia melaporkan tanggal 18 Maret dirinya kehilangan uang Rp 250.000. Uang itu berada dalam dompet dan disimpan di laci kerjanya.

“Kejadian berulang di mana tanggal 22 maret uang senilai Rp 700 ribu juga raib dari tempatnya. Kejadian ketiga di hari Rabu (27/3) di mana handphonennya juga hilang,” kata Kapolsek.

Dalam aksi ketiganya, pelaku yang tidak memiliki pekerjaan tetap yakni Fajar Putro, sempat terlihat oleh seorang saksi di mana dia berada di dalam toko. Saksi selanjutnya memberitahu korban kalau ada sesorang di dalam tokonya. Setelah kembali, ternyata HP-nya tidak ada.

“Korban lantas melapor ke kepolisian dan kami langsung mengumpulkan informasi yang mengarah kepada pelaku,” tambah Markotip.

Berhasil diamankan, Fajar mengaku dirinya yang telah melakukan tindak pencurian. Uang hasil pencurian digunakan untuk bersenang-senang, sedangkan HP tidak ada di tangan pelaku karena disembunyikan di semak belakang toko.

“Kami lakukan pencarian terhadap barang bukti itu dan berhasil ditemukan tapi sim card-nya sudah tidak ada karena dibuang oleh pelaku,” kata Kapolsek.
Dari tindakan ini, pelaku dijerat dengan Pasal 362 KUHP dengan ancamanan penjara paling lama empat tahun. (udi/laz/mg3)

Purworejo