PURWOREJO – Para kepala desa (Kades) terpilih hasil pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 31 Januari 2019 diminta ekstra hati-hati. Khususnya dalam penggunaan anggaran. Bupati Purworejo Agus Bastian merasa perlu mengingatkan ini karena banyaknya kasus korupsi. Bahkan juga terjadi di tingkat desa.

Agus tidak ingin, ada kades yang terjebak dan menyalahgunakan amanatnya untuk melakukan tindakan yang tidak terpuji. “Jangan mencari pulihan modal. Kalau sampai nekat berarti harus berurusan dengan hukum,” kata bupati saat memberikan pengarahan kepada para kades terpilih di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Rabu (20/2).

Diungkapkannya, maju menjadi calon kades, tentu harus didasari niat pengabdian untuk melayani masyarakat. Sehingga tidak akan hitung-hitungan modal yang telah dikeluarkan dan sebagainya. Karena memang tujuannya ingin memajukan dan membangun desa.

Untuk itu pentingnya Kades memahami peraturan terkait pengelolaan desa terutama dalam hal penggunaan anggaran. Bupati meminta agar kades bisa lebih teliti dan tidak asal melakukan. Namun harus melalui proses perencanaan program yang betul-betul matang.  “Perencanaan harus disesuakan dengan kebutuhan desa dan n masyarakat. Selain itu harus bekerjasama dengan badan permusyawaratan desa (BPD) dalam menyusun rencana program,” pesan Agus.

Agus juga mengingatkan, kades terpilih untuk bisa menjaga kondusif desanya. Terutama menjunjung tinggi budaya andap asor, saling menghormati, dan tidak usah berlebihan dalam merayakan kemenangan. Apalagi akan berlanjut dengan pemilihan presiden dan wakil presiden serta legislatif. Kegiatan besar ini membutuhkan kenyamanan dan keamanan agar pelaksanaan Pemilu 2019 dapat sukses.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Purworejo Agus Ari Setyadi mengatakan, pelantikan kades terpilih akan dilaksanakan Rabu (8/5). Diharapkan semua kades terpilih menjaga situasi kondusif sampai dengan menjelang pelantikan. Kades terpilih supaya melakukan konsolidasi dengan unsur-unsur desa danlembaganya. “Termasuk pendekatan dengan para kompetitor dalam pilkades lalu,’’ pesannya. (udi/din/mg4)

Purworejo