PURWOREJO – Sedikitnya 200 orang turun ke saluran Sungai Lereng yang memanjang di Desa Trimulyo, Rowodadi, dan Bendungan di Kecamatan Grabag, Minggu (10/2). Mereka merupakan gabungan warga dari tiga desa bersama Koramil dan Polsek Grabag, Tagana, PMI, Banser, PMB, BPBD, Dinas Sosial, PMI dan unsur lainnya.

Mereka melakukan pembersihan secara masal enceng gondok yang memenuhi hampir sepanjang saluran. Keberadaan gulma ini sendiri dinilai menjadi salah satu pemicu munculnya genangan karena aliran air menjadi terhambat.

Pelaksana Tugas Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo Iman Ciptadi mengungkapkan, pembersihan itu merupakan kesepakatan bersama saat digelar rapat koordinasi awal pekan lalu. Tidak saja petugas dari BPBD, kegiatan kerja bakti ini memang melibatkan banyak unsur.

“Pelaksanaan di lapangan, kami membagi petugas, warga dan relawan yang turut serta dalam tiga tim. Ketiganya disebar di Desa Rowodadi, Trimulyo dan Bendungan,” kata Iman. (udi/laz/tif)

Purworejo