PURWOREJO – Jalan kabupaten di wilayah Kecamatan Bruno, masih relatif sempit dan butuh perbaikan. Akses jalan yang memadai ini penting untuk memudahkan akses ekonomi masyarakat maupun menuju ke destinasi wisata yang ada.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Purworejo Endang Tavip Handayani, Rabu (22/8). Menurut Endang, jalan provinsi sudah layak karena cukup luas dan halus. Tetapi untuk jalan kabupaten masih perlu perhatian dan perbaikan segera.

Dia bahkan sudah meminta Pemkab Purworejo memberikan perhatian khusus untuk Brumo. Sebab, sebagian besar masyarakatnya menggantungkan penghasilan dari hasil alam banyak memanfaatkan jalan kabupaten untuk menjangkau pasar tradisional di pusat kecamatan. “Jalannya kurang lebar.Padahal, sebagian besar yang dipakai kendaraan ukuran lebar karena mengangkut hasil bumi masyarakat,” jelas Endang.

Dari sisi wisata, Endang juga melihat saat ini geliat pariwisata di Kecamatan Bruno mulai dilirik masyarakat. Jika sebelumnya lebih mengenalkan Curug Muncar, sekarang destinasi lain bermunculan.

Namun permasalahan dihadapkan dengan kondisi jalan yang kurang layak. Jika jalan tidak segera dilakukan perbaikan, ditakutkan para wisatawan hanya bisa datang sekali saja ke Bruno dan enggan untuk mengunjunginya lagi. “Destinasi wisata di Bruno memiliki kekhasan khusus dan mengundang orang untuk datang,’’ katanya.

Di antara desa yang ada di Kecamatan Bruno, Endang berani menilai ada desa yang sama sekali belum pernah tersentuh bantuan dari pemkab terkait infrastruktur jalan. “Saya punya datanya,’’ tegas Endang. (udi/din/mg1)

Purworejo