BUDI AGUNG/RADAR JOGJA
APRESIASI: Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga menerima penghargaan karena telah menindaklanjuti hasil pengawasan sesuai rekomendasi tepat waktu.
PURWOREJO-Inspektorat memegang peran penting untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN. Tujuannya untuk peningkatan pelayanan masyarakat. Tetapi. pengawasan dari Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) juga diperlukan untuk menjamin amanah yang diemban.

Hal itu disampaikan Bupati Purworejo Agus Bastian saat membuka Rapat Dinas Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) Kabupaten Purworejo 2016 yang diselenggarakan Inspektorat Purworejo di Gedung Wanita A Yani, kemarin (27/4).

Menurutnya, penguatan fungsi pengawasan internal pemerintah merupakan salah satu upaya yang perlu terus dilakukan untuk mendukung peningkatan kinerja pemerintah. “Melalui manajemen penyelenggaraan pemerintahan yang sehat dan kuat, bisa menjadi modal dalam mengatasi persoalan-persoalan bangsa,” kata Agus.

Menurutnya, pengawasan intern pemerintah menjadi salah satu fungsi manajemen pada organisasi penyelenggaraan pemerintahan. Tujuannya untuk mengawal dan mengoptimalkan kinerja dan pencapaian tujuan organisasi serta mencegah dilakukannya tindakan yang tidak sesuai dengan kaidah-kaidah penyelenggaraan organisasi yang baik. “Harapan saya, dari gelar pengawasan ini akan meningkatkan pelaksanaan pengawasan internal agar kelemahan-kelemahan yang sejenis tidak terulang kembali,” tambahnya

Ke depan, dari gelar pengawasan daerah ini akan mampu memberikan advis manajemen terhadap pelaksanaan perencanaan untuk tahun yang akan datang. Sehingga dapat dihindari kegiatan yang tumpang tindih, kontra produktif, dan kegiatan yang in-efisiensi.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada SKPD yang telah menindaklanjuti hasil pengawasan Inspektorat Kabupaten Purworejo dan Provinsi Jawa Tengah sesuai rekomendasi dan tepat waktu. Penghargaan tersebut diberikan kepada SMPN 36 Purworejo, SMAN 2 Purworejo, dan Dindikbudpora Kabupaten Purworejo. (cr2/din)

Purworejo