BUDI AGUNG/RADAR JOGJA
SIKAP TEGAS: Tim gabungan dari TNI, Polri dan pegawai rutan tengah menggeledah lemari di salah satu ruangan Rutan Kelas 2 B Purworejo, kemarin (26/4).
PURWOREJO- Sebanyak 21 ruang tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 2 B Purworejo yang diisi 124 penghuni digeledah tim gabungan dari Polres Purworejo, Kodim 0707, dan pengawai rutan kemarin (26/4). Namun, dari penggeledahan ini tidak ditemukan narkoba atau benda terlarang lainnya.

Kasat Narkoba Polres Purworejo AKP Junani Jumantoro mengatakan, langkah tegas ini merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo untuk membersihkan seluruh rutan dan lembaga permasyarakatan dari narkoba dan benda terlarang lainnya. “Dari ini diharapkan rutan akan benar-benar bebas dari narkoba,” tambah Junani.

Polisi, lanjut Junani, mensinyalir peredaran narkoba telah menyasar rutan dan lapas seperti yang terjadi di beberapa kota di Indonesia. Untuk memastikan ketiadaan narkoba dalam rutan, seluruh penghuni termasuk pegawai rutan dilakukan tes urin. “Tes urin sudah kami lakukan di rutan Purworejo dan memang bersih dari narkoba,” kata Junani.

Kepala Rutan Purworejo F Joko Sujarwo mengatakan pihaknya secara rutin menggelar razia yang dilakukan secara internal. Pihaknya juga mendukung langkah tim gabungan untuk memastikan bahwa Rutan Purworejo bersih dari narkoba dan benda terlarang lainnya.

“Secara rutin, razia dilakukan empat kali dalam sebulan. Penggeledahan juga kami lakukan terhadap pembesuk atau penghuni yang dibesuk,” kata Sujarwo. .

Dalam operasi penggeledahan internal, pihaknya tidak semata mencari narkoba tapi juga mencari handphone ilegal serta senjata tajam yang kemungkinan dimiliki penghuni. (cr2/din)

Purworejo