BUDI AGUNG/RADAR JOGJA
PENGALAMAN: Ibnu Subiyanto didampingi Ketua Dewan Kesenian Purworejo Angko Setyarso Widodo.
PURWOREJO-Mantan Bupati Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) Ibnu Subiyanto menyampaikan beberapa gagasan terkait pengembangan wisata di Kabupaten Purworejo. Ibnu digandeng Bupati Purworejo Agus Bastian untuk memberikan ide-ide segar terkait pengembangan Purworejo ke depan. “Purworejo harus mengambil bagian dengan keberadaan New Yogyakarta International Aiport (NYI A) di Kulonprogo. Kita harus siap-siap membuat lokasi yang menarik untuk dikunjungi,” kata Bupati Agus Bastian.

Ibnu Subiyanto mengatakan, membangun sektor wisata tidak hanya sebatas mengejar kontribusi bagi pendapatan asli daerah. Namun yang terpenting adalah untuk kepentingan rakyatnya. “Pariwisata itu jangan berfikir yang muluk-muluk. Jangan berfikir semata hanya untuk kontribusi PAD. Yang lebih penting adalah rakyat. Masyarakat harus mendapatkan duit dari pariwisata,” katanya.

Dalam pandangannya, pariwisata adalah sumber keuangan yang sangat besar, baik bagi masyarakat maupun pemerintah daerah. Pariwisata juga sumber keuangan yang sangat besar. Baik bagi masyarakat maupun pemerintah.

Menurut Ibnu, ada dua wilayah di Purworejo yakni Kecamatan Kaligesing dan Bruno layak dijadikan pengembangan objek wisata alam. Kawasan di Perbukitan Menoreh tersebut sangat indah.

Di kawasan ini akses jalannya sedang dilebarkan. Tapi, menilik lokasinya, bus-bus besar tidak akan bisa mencapai lokasi karena terjalnya jalan. Tapi ini tantangan dan potensinya. Untuk menjangkau lokasi itu bisa digunakan jasa kendaraan trail ataupun kendaraan roda empat khusus. “Di sinilah peran pemberdayaan masyarakatnya,” jelasnya.

Sedangkan Kecamatan Bruno merupakan wilayah yang bisa menjual potensi alam yang masih lestari. Lokasi ini sangat cocok untuk wisata berburu. “Kalau dijual secara paket khusus akan banyak peminatnya,” tambahnya.(cr2)

Purworejo