BUDI AGUNG/RADAR JOGJA
PEDULI: Fatimah Agus Bastian menyerahkan bantuan dalam rangkaian Hari Kartini 2016 Kabupaten Purworejo kepada keluarga miskin di Kecamatan Bruno, akhir pekan lalu.
PURWOREJO- Sebagian rangkaian peringatan Hari Kartini 2016, Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Purworejo memberikan perhatian kepada masyarakat miskin.

Bentuk perhatian itu mereka wujudkan dengan memberikan bantuan secara langsung yang diwakili Ketua TP PKK Fatimah Agus Bastian dan Ketua DWP Sri Yuni Astuti Tri Handoyo, akhir pekan lalu.

Ada empat warga yang mendapat kunjungan dan mendapat bantuan berupa sembako dan sejumlah uang. Mereka adalah Halimah,45, warga Desa Brunorejo RT 1 RW 2 Kecamatan Bruno. Waljiman, 45, Desa Kaliwungu RT 1 RW 5, Kecamatan Bruno. Sumiyem, 35, warga Desa Wonotopo RT 4 RW 2 Kecamatan Gebang serta Subaryati warga Kelurahan Keseneng, Kecamatan Purworejo.

“Bantuan ini sebagai bentuk kepedulian kami kepada warga yang kurang mampu.Harapannya dapat meringankan beban, apalagi pengentasan kemiskinan menjadi program prioritas pemerintah. Tentu kami organisasi yang bermitra dengan pemerintah juga ikut membantu dalam upaya pengentasan kemiskinan,” kata Fatimah.

Menurut Fatimah, pemberian bantuan uang maupun sembako tidak bisa dilakukan secara terus menerus. Pihaknya mengupayakan pemberian bantuan selanjutnya dalam bentuk pelatihan ketrampilan. Harapannya, keluarga tidak mampu akan mandiri secara ekonomi dengan ketrampilan yang dimiliki. “Harus ada tindak lanjut semacam peningkatan skill ketrampilan. Agar mereka juga tidak selalu menggantungkan kepada orang lain,” tambah Fatimah.

Ketua DWP Sri Yuni Astuti Tri Handoyo mengajak warga kurang mampu agar mau menggali ketrampilan yang dimiliki. Sehingga nantinya akan menjadi jalan ekonomi keluarga. “Pasti ada ketrampilan dasar yang dimiliki. Itu harus kita tingkatkan kemampuannya,” ujar Sri Yuni. (cr2/din)

Purworejo