BUDI AGUNG/RADAR JOGJA
KENAH DEH : Dua pelaku pencurian kayu di Popongan, Banyuurip, Purworejo menunjukkan barang bukti berupa kayu di halaman Mapolsek Banyuurip, kemarin (16/3).
PURWOREJO- Ibarat pagar makan tanaman. Diberi kepercayaan menjaga kayu bahan bangunan, dua orang ini justru mencurinya. Akibatnya, mereka harus berurusan dengan polisi.

Ya, dua dari tiga pelaku pencurian kayu di Popongan RT 7 RW 2, Banyuurip, diringkus anggota Polsek Banyuurip, Senin (7/3). Mereka adalah Angga Galuh Asmoro, warga Popongan dan Irwan Vidianto warga Borokulon, Banyuurip. Sedangkan satu pelaku lain orang Agus warga Doplang, Purworejo masih dalam pengejaran.

Kasus ini, kata Kapolres Purworejo AKBP Arsida Septiana bermula ketika pemilik kayu bernama Tugeno yang menyewa rumah milik Angga untuk pengembangan usahanya. Nah, untuk mengamankan kayu miliknya, Tugeno meminta bantuan Angga untuk membeli gembok. “Satu kunci dibawa korban dan lainnya dibawa Angga,” kata Arsida kemarin (16/3).

Tapi, Angga menyalahgunakan kepercayaan iru. Justru Angga bersama dua orang temannya memanfaatkan situasi untuk mengambil keuntungan dengan mencuri dan menjual kayu-kayu tersebut.

Pengungkapan kasus itu terjadi saat Kanit Reskrim Polsek Banyuurip melakukan penyelidikan usai mendapat informasi tidak jauh dari tempat kejadian ada beberapa mobil pikap yang mengangkut kayu dengan ciri-ciri tertentu. “Setelah ditelusuri ternyata kawanan tengah melakukan usaha pencurian,” tambahnya.

Kasus ini telah selesai dilakukan pemeriksaan dan berkasnya segera dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri. Kedua pelaku terbukti melanggar Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (cr2/din/ong)

Purworejo