RADAR JOGJA – Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia akan melakukan penanaman 10 juta pohon secara serentak di 34 provinsi. Kegiatan ini dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia pada Minggu (28/11).

Penanaman pohon untuk wilayah DIJ akan dilakukan oleh DPW Partai Gelora DIJ bekerjasama dengan DPD Partai Gelora Gunungkidul berlokasi di dusun Jamburejo, desa Bandung, Playen, Gunungkidul.

Menurut Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta, program menanam 10 juta pohon ini adalah kontribusi kecil Partai Gelora dalam membirukan planet bumi. Partai Gelora juga akan meminta setiap kadernya menanam minimal 25 pohon seumur hidupnya.“Bencana alam yang ditimbulkan oleh perubahan iklim saat ini, telah mengubah planet kita ini, menjadi planet yang sangat tidak nyaman dihuni,” katanya.

Apabila situasi seperti yang sekarang ini, dibiarkan dan terus berlangsung, maka Indonesia akan menghadapi ancaman keamanan nasional yang jauh lebih besar daripada ancaman perang.“Yang sesungguhnya kita hadapi adalah ancaman kepunahan kita sebagai penghuni bumi,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Gelora DIJ Zuhrif Hudaya turut mengajak masyarakat Jogjakarta untuk turut serta dalam aksi menanam pohon. Aksi ini bisa dilakukan di halaman rumah ataupun ruang publik lainnya.

Meskipun sering dianggap remeh, menurut dia, menanam pohon memberikan banyak manfaat dari mulai manfaat sosial, manfaat lingkungan hingga manfaat ekonomi. Tanpa perlu disebut panjang lebar, pohon secara alami menarik karbon dan mengeluarkan produk sampingan yang sangat berguna bagi manusia: oksigen.“Ayo ikut berpartisipasi dalam program penanaman 10 juta pohon. Karena pohon kita,  adalah oksigen kita, pohon kita adalah hidup kita,” katanya. (pra)

Politik