RADAR JOGJA – Membantu percepatan vaksinasi di Kota Jogja, DPD PAN Kota Jogja menggelar vaksinasi massal. Dinamain PANsinasi, lebih dari 500 warga Kota Jogja disuntik vaksin Sinovac dosis pertama di Gedung PDHI Alun-Alun Utara Jogja, Sabtu (18/9).

“Kuota dosis yang diberikan 500 dosis, tapi peserta yang mendaftar lebih banyak,” kata Sekretaris DPD PAN Kota Jogja Rifki Listianto di sela kegiatan PANsinasi. Para peserta disuntik dosis pertama dengan vaksin CoronaVac produksi Sinovac.

Menurut Rifki, kegiatan ini diikuti oleh masyarakat umum. Tidak harus kader PAN. Tapi dia mensyaratkan harus ber-KTP Kota Jogja. Karena tujuannya juga membantu pemkot dalam percepatan vaksinasi untuk warga ber-KTP Kota Jogja yang ditargetkan selesai pada akhir bulan ini. “Kami ingin berpartisipasi dalam proses percepatan vaksinasi supaya segera mencapai herd immunity dan kegiatan perekonomian kembali dibuka, ” katanya.

Anggota DPRD Kota Jogja itu menambahkan, kegiatan PANsinasi ini hanya digelar sehari. Bekerjasama dengan tenaga kesehatan dari RS PKU Muhammadiyah Bantul, dalam satu jam ditargetkan bisa menyuntikkan vaksin untuk 100 orang. Untuk mengurangi kerumunan pun, undangan dibuat berbeda sesuai dengan jadwal penyuntikan. “Kami atur supaya tidak datang bersamaan dan menciptakan kerumunan dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi berterima kasih serta mengapresiasi PANsinasi yang digelar DPD PAN Kota Jogja. Terlebih vaksinasi dikhususkan untuk warga ber-KTP Kota Jogja. Karena membantu proses percepatan vaksinasi untuk warga Kota Jogja. Target pemkot, seluruh warga Kota Jogja sudah selesai divaksin pada bulan ini. “Terima kasih, karena kegiatan PANsinasi ini turut membantu pemkot menyisir warga Kota Jogja yang belum divaksin,” ungkapnya.

Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) DPW PAN DIJ itu menyebutkan, sebenarnya pemkot sudah menyuntikkan hingga lebih dari 500 ribu dosis vaksin. Tapi mayoritas merupakan warga non KTP Kota Jogja. Dari sekitar 348 ribu warga Kota Jogja yang wajib vaksin, baru sekitar 67 persen atau sekitar 200 ribu yang sudah divaksin. Sisanya belum divaksin dengan berbagai alasan. Pemkot Jogja, kata dia, sudah menyiapkan tiga sentra vaksinasi hingga vaksinasi di wilayah untuk mengejar target 100 persen warga Kota Jogja sudah divaksin. “Harapan kami kegiatan serupa, dengan fokus warga Kota Jogja juga bisa digelar untuk mengejar herd immunity,” pintanya. (pra)

Politik