RADAR JOGJA – DPW Partai Amanat Nasional (PAN) DIJ menyatakan kesolidannya. Hal itu dibuktikan dalam kondosilidasi akbar bertempat di Gedung Eks Fish Market Giwangan Kota Jogja, Jumat (30/4). Konsolidasi internal ini dihadiri ratusan kader dari pengurus DPW dan Ketua DPD PAN se-DIJ.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi, yang sekaligus menjabat Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) DPW PAN DIJ. Juga mantan Bupati Sleman Sri Purnomo, yang merupakan anggota MPP DPW PAN DIJ. Juga hadir Ketua DPW PAN DIJ Suharwanta serta lima Ketua DPD PAN kabupaten dan kota di DIJ.

Dalam sambutannya, HP kembali menegaskan semangat para pengurus dan kader PAN. Termasuk menyinggung terkait hubungan PAN dengan salah satu ormas Islam terbesar yaitu Persyarikatan Muhammadiyah.

HP mengingatkan, sejarah mencatat melalui mekanisme formal dalam sidang tanwir Muhammadiyah di Semarang Jawa Tengah pada 1998 silam. “Yaitu menetapkan PAN sebagai corong perjuangan politik warga Muhammadiyah,” ujarnya mengingatkan.

Karena itu, mantan Ketua DPD PAN Kota Jogja itu meminta kader dan pengurus PAN di DIJ untuk terus merangkul Muhammadiyah. Di antaranya terus melakukan komunikasi dan koordinasi. “Harus dekat dengan masyarakat, dengan Persyarikatan Muhammadiyah,” pintanya.

Sementara itu Ketua DPW PAN DIJ Suharwanta juga menegaskan keyakinannya PAN akan selalu di hati, meski munculnya partai-partai baru. Dia menyebut, PAN akan terus berkembang dan besar. Keyakinanya itu diwujudkan dengan menargetkan dua kursi DPR RI dari dapil DIJ pada pemilu 2024. Dalam pemilu-pemilu sebelumnya, PAN baru berhasil mendapatkan satu dari delapan kursi DPR RI dai DIJ. Diakuinya, hal itu butuh kerja keras.

Kerja keras itu, lanjut Wakil Ketua DPRD DIJ itu sudah diwujudkan. Yaitu dalam waktu yang relatif singkat PAN telah selesai konsolidasi Musyawarah Daerah (Musda) di lima kabupaten dan kota, 78 Musyawarah Cabang (Muscab) dan 438 Musyawarah Ranting (Musran). Selain itu selama ini kader PAN yang menjabat kepala daerah, anggota legislatif dan pengurus PAN selalu berusaha maksimal untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. “Karena itu pada pemilu 2024 nanti PAN akan terlahir kembali dengan dua kursi DPR RI,” tegasnya. (wia/pra)

Politik