RADAR JOGJA – Sejumlah 99 orang pendiri Partai Ummat dari 34 provinsi berkumpul di Jogjakarta. Mereka mendeklarasikan partai baru yang diinisiasi oleh tokoh reformasi Amien Rais. Sebelum deklarasi, para pendiri telah menandatangani dokumen pendirian partai di hadapan notaris dan melakukan konsolidasi awal untuk memperkuat jaringan keummatan di seluruh tanah air.

Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais membacakan deklarasi di hadapan para pendiri. Deklarasi ini ditayangkan melalui akun Youtube Amien Rais Official pada pukul 13.00 WIB, Kamis (29/4).

”Bismillahirrahmanirrahim, saya deklarasikan kelahiran Partai Ummat di persada bumi pertiwi Indonesia yang kita cintai bersama. Kami Partai Ummat bersama anak bangsa lainnya InsyaAllah akan bekerja, berjuang, dan berkorban apa saja untuk melawan kezaliman dan menegakkan keadilan,” kata Amien Rais.

Deklarasi ditutup Amien Rais dengan takbir tiga kali dan pekik merdeka. Malam harinya pada pukul 20.30 film “Harapan Ummat” akan diyangkan untuk pertama kalinya pada akun Youtube Amien Rais Official. Film ini bercerita mengenai perjuangan melawan kezaliman dan menegakkan keadilan yang diharapkan dapat memantik ghirah umat Islam dalam berjuang. Pada Jumat (30/4) besok, video deklarasi dari 34 provinsi ditayangkan untuk pertama kalinya pada akun Youtube Partai Ummat Official.

Wakil Ketua Partai Ummat Agung Mozin mengungkapkan, mengharukan dari acara deklarasi dari daerah ini adalah para kader partai urunan untuk membiayai acara mereka masing-masing. ”Mereka bantingan untuk bikin spanduk, seragam partai, kaos, sampai makanan untuk buka puasa,” katanya.

Agung Mozin menambahkan, Partai Ummat mempunyai masa depan di tengah kondisi politik yang tidak menentu saat ini. Dia mengutip hasil survei terakhir yang menunjukkan bahwa tingkat elektabilitas Partai Ummat sudah mencapai 1,5 persen padahal belum dideklarasikan. Sementara itu, kata Agung, sejumlah partai lama hanya mencapai tingkat elektabilitas dalam hitungan nol koma.

Sementara itu, kepengurusan Partai Ummat terdiri dari dua bagian yaitu Majelis Syuro dan Dewan Eksekutif. Majelis Syuro menunjuk Dewan Eksekutif atau pelaksana partai untuk menjalankan kebijakan partai. Ketua Majelis Syuro dipegang oleh Amien Rais sendiri dengan sekretaris Ustad Sambo. Sedangkan

Ketua Umum dipegang oleh ahli teknologi informasi Ridho Rahmadi yang mendapatkan gelar PhD-nya dari Radboud University, Belanda. Ketua Umum dibantu oleh tiga orang Wakil Ketua yaitu Agung Mozin, Sugeng, dan Chandra Tirta Wijaya. Ketiganya adalah politisi senior yang sudah sangat berpengalaman mengelola partai. Sekretaris Umum Partai Ummat diamanahkan kepada Ahmad Muhajir yang juga politisi senior. (ila)

Politik