RADAR JOGJA – Tiga DPD PAN di wilayah DIJ serentak menggelar Musda ke V Sabtu (23/1). DPW PAN DIJ pun turut melakukan monitoring pelaksanaan Musda di tiga wilayah tersebut melalui Zoom dari Kantor DPW PAN DIJ. Tampak hadir dalam monitoring itu tokoh PAN, Yuni Astuti, calon pengganti Hanafi Rais di DPR RI.

DPD PAN yang menggelar musda itu yakni DPD PAN Kota Jogja, DPD PAN Kulonprogo dan DPD PAN Bantul. Dalam kesempatan itu Yuni mengapresiasi pelaksanaan Musda di tiga DPD PAN di DIJ yang berlangsung kondusif. “Musda DPD PAN di tiga wilayah DIJ hari ini berlangsung lancar, penuh soliditas, tidak ada kendala serta tidak ada konflik yang tak perlu,” ujar Yuni di sela monitoring itu.

Yuni yang juga istri dari Ketua MPW Pemuda Pancasila DIJ Faried Jayen Soepardjan itu menuturkan, PAN sudah selayay menjadi partai besar di Indonesia, khususnya di DIJ. Dengan terus mengandalkan akhlak, sikap elegan dan kebijaksanaan dalam setiap langkahnya. Karena itu, pesan dia, harus dimulai dari internal partai.
“Jangan sampai dalam agenda-agenda seperti Musda ini diikuti dengan semangat menang sendiri, tapi utamakan musyawarah untuk mencapai kebaikan bersama,” ujar Yuni yang rencananya akan dilantik sebagai pengganti Hanfi Rais di DPR RI Januari 2021 ini.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN DIJ Suharwanta menyebut PAN DIJ akan selalu mengedepankan musyawarah mufakat dalam pengambilan keputusan. Hal itu untuk menjaga soliditas partai. Apabila secara internal PAN kondisinya kondusif dan terjaga maka bisa lebih fokus ke depan menyongsong pemilu 2024. Menurut dia, dengan mengedepankan musyarawah mufakat energi partai tidak habis untuk persaingan di internal. “Kita bisa lebih fokus menyiapkan diri berkompetisi pada pemilu,” ujarnya kepada wartawan.

Pada musda kali ini, DPD PAN Kota Jogja, Bantul maupun Kulonprogo menjaring nama-nama formatur. Jalannya musda dipimpin langsung DPP PAN. Nama-nama formatur dari tiap DPD itu dikerucutkan menjadi empat orang oleh DPP langsung. Hasilnya empat formatur tersebut kemudian bertugas menyusun kepengurusan.“Di setiap wilayah menempatkan kader-kader terbaik sebagai formatur,” ucap Wakil Ketua DPRD DIJ itu.(pra)

Politik