RADAR JOGJA – Perubahan sikap politik PAN DIJ terhadap keistimewaan DIJ mulai diimplementasikan. Bentuknya dengan kedatangan sejumlah elite partai matahari biru ke kompleks Kepatihan Jogja. Beberapa petinggi PAN yang duduk sebagai panitia Musyawarah Wilayah (Muswil) V PAN DIJ secara khusus sowan ke Gubernur DIJ Hamengku Buwono (HB)X.

“Alhamdulillah hari ini kami diterima Sultan HB X di Kepatihan dalam rangka Musyawarah Wilayah V PAN DIJ,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPW PAN DIJ Ahmad Yohan Selasa (29/12). Yohan menuliskan hal itu dalam akun Facebook-nya. Dia mengunggah foto bersama HB X beberapa saat usai pertemuan.

Dalam foto itu Yohan mengenakan batik lengan panjang warna biru. Dia berdiri di samping kanan HB X. Di sebelah kiri HB X terlihat Ketua Panitia Pengarah Muswil Indaruwanto Eko Cahyono. Raja Keraton Jogja itu memakai busana jas warna gelap.

Sama seperti Yohan, anggota DPRD Kota Jogja itu juga memakai batik lengan panjang warnanya biru. Di ujung kanan ada Ketua Panitia Muswil Suharwanta. Berbeda dengan Yohan dan Indaruwanto, wakil ketua DPRD DIJ ini memilih mengenakan batik lengan pendek. Sedangkan Ketua Fraksi PAN DPRD DIJ Atmaji ada di dalam ujung kiri. Atmaji satu-satunya yang memakai jaket PAN.

Seperti Yohan, Daru, sapaan akrab Indaruwanto, juga mengunggah foto dengan HB X di akun Facebook-nya. Dia memberikan keterangan lebih singkat. “2021 Tahun Baru, sejarah baru, tradisi baru,” tulis dia. “Dari titik nol kita mulai menentukan arah baru gerak dan langkah PAN DIJ,” lanjut anggota Dewan Kota Jogja asal Kotagede ini.

Unggahan Daru itu langsung direspons beberapa orang. Salah satunya Wawan Tri Nawan. “Mantap baru kali ini pra muswil PAN DIJ sowan ke gubernur DIJ. Terobosan baru,” kata Wawan.

Ketua Panitia Pelaksana Muswil Suharwanta mengakui kedatangan ke Kepatihan itu belum pernah dilakukan panitia Muswil PAN DIJ sebelumnya. “Kami datang untuk menyampaikan undangan. Beliau (HB X, Red) berkenan hadir,” ujarnya. Dijadwalkan raja Keraton Jogja itu memberikan sambutan di depan peserta muswil.

Menurut dia, pertemuan dengan HB X berjalan kurang dari satu jam. Selain merespons undangan muswil, gubernur lebih banyak berbicara soal visi misi DIJ mewujudkan samudera Indonesia sebagai pintu gerbang DIJ masa depan.
Bang Wanta, sapaan akrabnya mengakui pertemuan dengan HB X itu sebagai perubahan pola komunikasi dengan Pemprov DIJ. “Kami ingin lebih memberikan kontribusi yang positif bagi keistimewaan DIJ,” tegasnya.

Muswil V PAN DIJ berlangsung hari ini di Hotel Inna Garuda Malioboro Jogja. Muswil diikuti 78 peserta dari tingkat DPC dan DPD PAN kabupaten serta kota se-DIJ. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan akan membuka secara virtual. (kus/laz)

Politik