RADAR JOGJA – Ketua DPW Partai NasDem DIJ Subardi membagikan paket sembako kepada para pengamen jalanan di Malioboro. Subardi menyampaikan pesan agar masyarakat tetap menerapkan physical distancing dalam berkegiatan. “Jangan sampai aktivitas yang dilakukan masyarakat justru dapat menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19 di DIJ,” ujarnya, Senin (11/5).

Selain kepada para pengamen jalanan, bantuan juga diberikan kepada pedagang pasar malam keliling. Menurutnya Mbah Bardi, sapaannya, baik para pengamen maupun pedagang pasar malam keliling, sangat terdampak dengan krisis di masa pandemi ini.

“Jogja itu sumber pendapatannya dari sektor pariwisata, para pelaku wisata semunya terpukul. Ini yang harus kita pikirkan bersama, bagaimana sektor wisata ini bisa bangkit kembali namun tak membuka ruang penularan Virus Corona,” ujar Subardi.

Menyinggung PSBB, Subardi menilai perlu adanya evaluasi. Menurutnya, dengan mengoptimalkan peran pemerintah kecamatan dapat membantu menghentikan penyebaran Covid-19. Perangkat kecamatan dan desa hingga pedukuhan dapat digerakkan untuk memantau warganya masing-masingz

“Pemerintah di tingkat kecamatan dan desa bisa mendata warganya. Siapa saja yang terindikasi, siapa yang positif maupun pendatang yang masuk ke daerah. Setelah itu pemerintah kecamatan dan desa harus melakukan karantina berkoordinasi dengan pihak kesehatan,” bebernya.

Kendati demikian, lanjutnya, tanpa adanya kesadaran dari masyarakat maka semua usaha akan menjadi sia-sia. Masing-masing individu harus konsisten melaksanakan protokol kesehatan penanggulangan Covid-19 supaya pencegahan berjalan efektif. (sky/tif)

Politik