JOGJA – Ekonomi masyarakat merata dan berkeadilan menjadi salah satu fokus perjuangan Tommy Andri Wardhana. Pria yang sering berguru dari beberapa menteri koperasi dan UKM ini maju sebagai caleg DPR RI Dapil Jogjakarta nomor urut 3. Dia berharap bisa ikut mengubah dan menjadikan ekonomi masyarakat lebih maju saat duduk di kursi dewan.

”Memperkuat sendi-sendi ekonomi sesuai yang diamanatkan UUD 1945 dengan memajukan koperasi dan UKM sebagai pondasi kekuatan ekonomi. Caranya dengan mengikut sertakan seluruh komponen masyarakat,” ujar Tommy Ketua Departemen Koperasi dan UKM DPP PPP ini.

Tommy mengungkapkan, langkah yang akan dia lakukan dalam penguatan ekonomi yakni menjadikan pengusaha-pengusaha besar sebagai inti kemajuan pengusaha kecil menegah dan koperasi. Dengan begitu, akan terjadi sinergi yang menguatkan satu dan lain juga terjadi transfer knowledge yang akan memperkuat sendi-sendi ekonomi Negara di masa mendatang.

”Memperkuat jaringan koperasi  dan Usaha Kecil Menengah sesuai dengan struktur kegiatan perdagangan, agribisnis, dan jasa,” jelasnya.

Tak hanya itu saja, dia juga akan memperkuat link and match antara pengusaha besar sebagai inti dimana pengusaha kecil dan koperasi sebagai plasma. ”Nantinya akan ada kantor sekretariat bersama Plasma–Inti yang akan mengumpulkan pebisnis handal dan pengusaha kecil dan koperasi sesuai skala dan kegiatan serta kekuatan jaringan bisnis,” tutur pria yang pernah menjabat beberapa belas tahun silam lalu sebagai Senior Manager Franchise Operation di perusahaan jaringan minimarket besar di Indonesia (Alfamart).

Baginya, perkembangan ekonomi ini penting, karena di Indonesia ini banyak pelaku usaha dan start-up. Keberadaan mereka membutuhkan pendampingan kebijakan yang sesuai dari pemerintah. Diharapkan juga dilakukan inkubasi perdagangan  bisnis yang akan memberikan suatu pelatihan dan pengembangan pengetahuan tentang bisnis dan pasar secara tersistem dan terjadwal. (*/ila)

Politik