KULONPROGO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo segera mendapat pasokan surat suara Pemilu 2019. Distribusi awal, surat suara untuk calon legislatif (caleg) DPR RI. “Surat suara (caleg DPR RI) tersebut masih ada di Solo,” kata Ketua KPU Kulonprogo, Ibah Mutiah Jumat (8/3).

Dijelaskan, KPU Kulonprogo menjadi daerah yang kali pertama menerima distribusi surat suara. Tahap awal, jumlahnya 341.591 lembar surat suara dari Percetakan Nyata Grafika, Solo.  Distribusi surat suara akan dikawal kepolisian. “Nanti (surat suara) akan diletakkan di gudang KPU Kulonprogo. Kami masih menunggu pengiriman,” kata Mutiah.

Petugas kepolisian akan berjaga 24 jam di gudang KPU Kulonprogo. Penjagaan sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu setelah ada distribusi kotak suara dan bilik suara. Sesuai jadwal, surat suara DPR RI akan dikirimkan ke KPU Jogja Senin (11/3). Disusul Bantul pada Rabu (13/3), Gunungkidul Jumat (15/3) dan Sleman Sabtu (16/3). “Sementara untuk surat suara DPRD DIJ, DPRD kabupaten, DPD, ataupun Pilpres belum ada kepastian kapan dikirim,” ujar Mutiah. (tom/iwa/er/mg4)

Politik