BANTUL – Lobby Fisipol Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dipenuhi puluhan mahasiswa Selasa (12/2). Mereka juga terlihat mengeluarkan kartu identitasnya guna ditunjukan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Ternyata mereka sedang memanfaatkan fasilitas corner A5 di kampusnya. Ini adalah salah satu layanan Komisi Pemilihan Umum Bantul (KPU) untuk memberikan layanan pindah memilih. KPU Bantul melakukan jemput bola untuk memberikan kemudahan dan meniningkatkan partisipasi pemilih.

Salah satu di antara puluhan mahasisa itu adalah Sita Prameswari, 19. Mahasiswi asal Makassar, Sulawesi Selatan ini mengatakan,  keikutsertaan dirinya di Pemilihan Umum (Pemilu) tahun ini merupakan hal penting. Walau sedang di perantauam, Sita tetap ingin bisa menggunakan haknya untuk memilih calon presiden dan wakil presiden pada April mendatang. Dia menilai penting untuk ikut menentukan kemajuan bangsa. “Karena dengan memilih pemimpin yang benar, kemajuan suatu bangsa dapat ditentukan. Termasuk dunia pendidikan,” katanya.

Dia juga merasa cukup terbantu dengan adanya corner A5 ini. Menurutnya fasilitas tersebut cukup memudahkannya mengurus formulir. Mengingat jika mengurus di kantor KPU dia terkendala jarak dan mengaku belum terlalu hafal jalan-jalan di Bantul.

Dengan sudah diurusnya formulir pindah pemilih ini, Sita berharap saat penyelenggaraan pemilu mendatang tidak ada kendala dalam proses pencoblosan. Hal itu dikarenakan, tahun ini adalah kali pertama dia mencoblos di luar daerah.

Rony Pelipur Jati,21 mahasiswa asal Magetan, Jawa Timur mengaku masih bingung dengan tempat pemungutan suara (TPS) pada saat pelaksanaan Pemilu mendatang. Setelah diberitahu petugas, ternyata memang belum ada penentuan terkait dengan lokasi pemungutan suara bagi dirinya. Rony mengatakan pihaknya akan diberi pemberitahuan lagi menjelang waktu pencoblosan.“Kata petugas akan dikabarkan melalui SMS atau WhatsApp,’’ imbuhnya.

Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho mengungkapkan pihaknya juga akan mendirikan  corner A5 di kampus lain yang ada di wilayah Bantul.

Selain UMY, kampus lainnya adalah Insititut Seni Indonesia (ISI) pada 14 Februari mendatang dan Universitas Ahmad  Dahlan (UAD) 4 Maret mendatang. (cr5/din/tif)

Politik