JOGJA – Suasana kampanye kian terasa, tak hanya pemilu legislatif (Pileg) tapi juga pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres). Dukungan antara kedua kubu pun bermunculan. Salah satunya Aliansi Masyarakat Yogyakarta (AMY) yang Minggu (27/1) lalu mengadakan deklarasi dukung Jokowi.

Sekitar tiga ribu orang yang bergabung dengan AMY memadati Mandala Krida dengan membawa seribu bendera Merah Putih. Mereka juga melakukan pembacaan teks Pancasila dan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan.

Pembina AMY Esti Wijayanti mengatakan, AMY terdiri dari berbagai latar belakang. Seperti buruh, petani, pekerja, akademisi, seniman, tokoh masyarakat, pelajar, mahasiswa. Kegiatan kebangsaan ini untuk memberikan nuansa Republik Indonesia yang memiliki ideologi Pancasila.

”Kami para pendukung meyakini dengan terpilihnya Pak Jokowi sebagai Presiden yang kedua kalinya, Pancasila akan tetap tegak berdiri sebagai ideologi bangsa dan merah putih akan terus berkibar di seluruh penjuru negeri,” ujar Esti.

Esti mengungkapkan, kegiatan deklarasi ini bertujuan semakin menguatkan seluruh komponen-komponen yang terdiri dari gabungan elemen masyarakat. ”Kami tidak berbicara dari partai apa,” ujarnya.

Koordinator Kegiatan Hari Prastowo mengatakan, mereka membulatkan tekad untuk mendukung Jokowi dalam Pilpres 2019 dengan kampanye yang simpatik dan door to door, serta pendekatan rasional kepada lapisan masyarakat. ”Kemenangan ini harus diraih untuk melanjutkan program-program demi pembangunan karakter bangsa dan demi keadilan yang sejahtera bagi bangsa Indonesia,” jelasnya. (sky/ila)

Politik