JOGJA – Persatuan Mahasiswa Jogja (Permata) tunjukkan dukungannya kepada pasangan calon presiden nomer urut satu Joko Widodo-Maruf Amin (Jokowi Ma’ruf) dengan bergabung menjadi relawan Cakra 19. Cakra 19 merupakan tim pemenangan pasangan capres dan wapres nomor satu dalam Pilpres 2019 yang dibentuk oleh sejumlah purnawirawan TNI.

”Ini bentuk dukungan kami kepada capres-cawapres nomor satu melalui Cakra 19. Bukan kampanye tapi kami sadar banyak mahasiswa di Jogja masih kurang mendapatkan edukasi politik dan banyak yang akan golput,” ujar Ketua Permata Nur Fatah dalam bincang-bincang santai bersama wartawan, Rabu (16/1).

Dalam pertemuan dengan korlap dan relawan Cakra 19 sebelumnya, pertama juga telah menyampaikan deklarasi dukungan tersebut.

Tak mau menyalahi aturan KPU, Permata yang beranggotakan 250 mahasiswa dari berbagai kampus baik aktiv maupun alumni ini tidak akan melakukan kampanye. Prinsipnya akan door to door memberikan penjelasan tentang pemerintahan termasuk apa yang telah dilakukan Jokowi selama ini, namun tetal tidak menyalahi aturan KPU.

Sementara itu, Ketua Bidang Komunikasi Cakra 19 Jogja Luluk Haryanto mengaku senang dengan adanya dukungan dari para mahasiswanya ini. Terlebih merekalah yang akan menjadi penerus generasi bangsa dan pemimpin di masa depan.

”Saya kira memang harus teredukasi dengan baik ya soal politik dan pemerintahan, anak-anak muda saat ini banyak yang termakan hoax. Sayang kan kalau tidak paham bagaimana memandang politik dan pemerintahan dengan baik,” ungkapnya.

Disebutkan Luluk, pada 19 Januari mendatang Cakra 19 Jogja akan menggelar pertemuan dengan seluruh korlap di DIJ. Mereka akan mendapatkan paparan kinerja Cakra 19 dan apa saja yang bisa dilakukan korlap-korlap setiap kabupaten dan kota.

”Seperti konsolidasi yang dihadiri korlap dan DPP. Purnawirawan perwira tinggi TNI Angkatan Darat Eko Wiratmoko juga akan hadir memberikan memaparannya,” tutur Luluk. (ita/ila)

Politik