JOGJA – Sebagai kota wisata dan budaya, keamanan wilayah menjadi pendukung utama agar wisatawan dan warga perkotaan bisa merasakan kenyamanan di Jogjakarta.

Dukungan dan dorongan kepada perwujudan keamanan membutuhkan peran serta seluruh elemen baik masyarakat maupun aparat birokrasi pelayananan publik. Beberapa poin ini mengemuka dalam Ngobrol Bareng bersama Ketua Komisi A DPRD DIJ dari Fraksi PDI Perjuangan Eko Suwanto dengan warga di Kampung Juminahan Danurejan Kota Jogja, Rabu malam (19/9).

“Mari jaga bersama suasana jelang Pemilu 2019 dengan guyub dan rukun. Seluruh warga Jogjakarta diharapkan menjaga kenyamanan dan ketertiban umum. Ayo jaga kerukunan dan ketertiban umum untuk wujudkan Pemilu gembira,” kata Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIJ Eko Suwanto.

Ngobrol Bareng bersama warga Juminahan ini dihadiri oleh sekitar 150-an orang dengan diwarnai doa bersama dan pemotongan tumpeng. Secara simbolis tumpeng diberikan kepada perempuan, kepada Widodo, Ketua RW 15 dan perwakilan anak-anak.

Doa bersama dan tumpeng ini sebagai simbol komitmen dan harapan bersama warga agar ke depan bisa terwujud lingkungan yang aman dan seluruh warga bisa hidup sejahtera.

Beberapa hal yang disampaikan warga dalam sesi dialog di antaranya masalah akses pembiayaan BPJS, pemberdayaan ekonomi bagi kelompok perempuan dan pembangunan fasilitas publik untuk warga berkegiatan yang bisa diakses seluruh warga dalam beraktivitas sosial di kampung Juminahan.

Soal penggunaan ruang publik, pemanfaatan tanah atau ruang kosong milik pemkot bisa mengupayakan akses dengan dinas terkait apakah bisa dimanfaatkan. Serta harapan dari anak muda untuk bisa memiliki aktivitas kreatif sekaligus memiliki sumber pemasukan. (ila)

Politik