(KUSNO S UTOMO/RADAR JOGJA)

Komisi Saksi NasDem (KSN) memiliki peran strategis. KSN menjadi duta partai yang bertugas membantu dan mendukung Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai NasDem memenangkan pemilu legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) yang digelar secara serentak 17 April 2019.

“Saksi merupakan kunci kemenangan karena menjadi ujung tombak partai,” tegas Ketua DPW Partai NasDem DIY Subardi saat melantik pengurus kecamatan dan desa serta saksi tempat pemungutan suara (TPS) di Balai Desa Argodadi, Sedayu, Bantul pada (29/7).

Menurut Subardi, setiap saksi dari Partai NasDem harus memahami strategi pengamanan di semua tahapan pemilu. Itu dimulai dari tahap persiapan, pemungutan, penghitungan hingga proses rekapitulasi. “Saksi juga harus siap manakala terjadi sengketa suara di tingkat TPS,” ingatnya di depan ratusan pengurus, kader dan simpatisan Partai NasDem yang mengikuti acara tersebut.

Pelantikan pengurus partai dilaksanakan secara serentak melibatkan struktural partai dewan pimpinan cabang (DPC) dan dewan pimpinan ranting (DPRt). DPC berada di tingkat kecamatan dan DPRt ada di level desa.

Jumlah pengurus DPRt Partai NasDem yang dilantik tersebar di semua desa di Kecamatan Sedayu yang meliputi Desa Argodadi, Argosari, Argorejo dan Desa Argomulyo. Juga sayap partai terdiri atas Garda Wanita (Garnita) Malahayati dan Garda Pemuda Nasional Demokrat (GPND) Sedayu.

Subardi mengatakan, Sedayu menjadi kecamatan pertama di Bantul yang pengurus partainya dilantik. Dari Sedayu, ketua DPW Partai NasDem DIY berencana melanjutkan pada 16 kecamatan lain se-Bantul. “Pelantikan dan konsolidasi pengurus partai tingkat kecamatan dan desa terus dilakukan menjelang Pemilu 2019.

Usai dilantik, pengurus partai mendapatkan pembekalan dari KSN DIY. Pembekalan bertujuan membangun jiwa kader atau saksi agar militan. Mereka juga harus loyal dan berdedikasi tinggi untuk Partai NasDem.

Ketua DPD Partai NasDem Bantul Bibit Rustamta merasa bangga dan gembira dengan antusiasme pengurus partai di Sedayu. Dia berharap semangat para kader Partai NasDem di Sedayu itu menular ke pengurus dan kader partai di 16 kecamatan lainnya di Bantul.

“Supaya apa yang kita cita citakan menang menuju tiga besar di Bantul bisa tercapai,” katanya. Ucapan Bibit itu spontan disambut dengan tepuk tangan dari peserta. (kus/mg1)

Politik