RADAR JOGJA – Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) kembali melaksanakan wisuda angkatan pertama pasca pandemi Covid-19 periode II tahun 2022/2023. Acara ini diadakan secara luring di Gedung Student Center UAJY, Sabtu (26/11).

Rektor UAJY Prof. Ir. Yoyong Arfiandi, M.Eng., Ph.D mengucapkan selamat kepada wisudawan  yang telah meraih kelulusan. Dia berpesan kepada para wisudawan/wisudawati, bahwa gagal dan sukses adalah hal biasa. Kegagalan dapat menjadi pelajaran berharga bagi semua. Kegagalan di suatu waktu dapat menjadi awal kesuksesan.

“Pengalaman selama studi di kampus semoga dapat menjadi bekal untuk memulai babak baru dalam kehidupan para wisudawan/wisudawati. Resep sukses yang paling mudah dilakukan dan pasti dapat diusahakan semua orang adalah kerja keras dan integritas. Dengan kerja keras dan pantang menyerah pasti akan timbul kesempatan-kesempatan baru. Dengan integritas maka kepercayaan kepada kita akan selalu terjaga, dan itu adalah modal utama untuk maju,” ujarnya.

Sementara itu, sebanyak 516 wisudawan mengikuti acara secara luring ini. Terdapat 481 wisudawan dari Program Sarjana dan 35 orang dari Program Magister. Dari jumlah itu, sebanyak 232 wisudawan dari Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Fakultas Hukum sebanyak 65 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 85 wisudawan. Sedangkan dari Fakultas Teknik sebanyak 52 wisudawan, Fakultas Teknologi Industri sebanyak 64 wisudawan, dan  Fakultas Teknobiologi dengan 18 wisudawan.

Program Studi Akuntasi tercatat sebagai program studi yang memiliki predikat cumlaude terbanyak dengan total 32 wisudawan. Sementara itu Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi Program Sarjana diraih oleh wisudawati dari Prodi Informatika atas nama Elvina Diana Limartha. Sedangkan IPK tertinggi Program Magister diraih oleh wisudawati Prodi Hukum atas nama Freya Beatrice Fredella dan wisudawati program studi Informatika atas nama Megia Nofita.

Mewakili para wisudawan Erika Putri Aviancy dalam pidatonya mengatakan, wisuda bukanlah sebuah perlombaan untuk mencapai kelulusan dengan cepat atau pun IPK tinggi. Baginya, wisuda merupakan awal dari sebuah perjalanan seseorang dalam mejalani lembar kehidupan yang baru, dengan tantangan yang berbeda dan proses  yang baru.

Pada acara wisuda UAJY ini hadir pula Kepala Badan Pangan Nasional Republik Indonesia, Arief Prasetyo Adi yang merupakan Alumni Fakultas Teknik UAJY. Arief lulus Program Sarjana pada 1992 dan untuk Program Magister pada 1999. Arief juga mengungkapan sangat terkesan dengan pendidikan yang di terapkan oleh kampus UAJY. “Utamanya dalam pembentukan karakternya, mereka memiliki integritas yang tinggi, serta mendidik mahasiswa agar memiliki daya juga yang kuat dan juga pemikiran kritis,” ungkapnya. (*/mg/ila)

Pendidikan