RADAR JOGJA – Festival Rohani Anak (FRA) merupakan event tahunan SMAN 3 Yogyakarta (Padmanaba). Merupakan program kerja OSIS sekaligus wadah anak-anak Kristiani mengembangkan minat dan bakat dan mengekspresikan diri melalui lomba-lomba yang digelar.

Bakat dan kemampuan anak perlu dikembangkan sedini mungkin. Sehingga makin terasah, dan menjadi wujud syukur akan kemampuan yang Tuhan berikan kepadanya. Melalui FRA, SMAN 3 Yogyakarta memberikan wadah bagi anak-anak beragama Kristiani untuk mengembangkan bakat mereka melalui berbagai jenis lomba yang diadakan.

Festival Rohani Anak rutin diselenggarakan oleh KPK-PSKP. Tahun 2022, FRA mengangkat tema “Magical Zoo”. Diisi berbagai hewan dengan keunikan masing-masing, layaknya tiap anak yang berbeda dan memiliki bakat dan kemampuan tersendiri.

‘’Dengan tagline Bertumbuh Bersama Keajaiban, kami berharap tiap anak dapat mengembangkan bakat dan merayakan keunikan dirinya sebagai anugerah dari Tuhan. Festival Rohani Anak diharapkan menjadi wadah pengembangan bakat dan menunjukkan talenta ke masyarakat. FRA juga dapat menginspirasi anak-anak Kristiani menyikapi keberagaman sebagai anugerah,’’ ujar ketua FRA 2022, Polikarpus Arya.

Ada lima lomba dalam FRA 2022, yaitu lomba mewarnai, menggambar, menyanyi, bercerita kitab suci, dan Cerdas Cermat Alkitab. “Melalui Cerdas Cermat Alkitab dan Bercerita Kitab Suci, anak akan terbiasa membaca isi kitab suci. Melalui menggambar dan mewarnai, anak belajar mengekspresikan diri melalui gambar yang mereka ciptakan Sementara melalui menyanyi, anak menjadi mampu untuk memuliakan Tuhan lebih jauh dengan suara emasnya, sesuai dengan pepatah ‘Qui bene cantat, bis orat’ yang berarti menyanyi dengan baik sama dengan berdoa dua kali,” Arya.

Lomba menyanyi dan bercerita kitab suci bisa diikuti oleh semua anak Kristiani di seluruh Indonesia secara online. Cerdas Cermat Alkitab akan dibagi menjadi tiga babak, yaitu babak penyisihan, semifinal, dan final. Babak penyisihan akan dilakukan di rumah masing-masing pada 7 Mei 2022. Babak semifinal, final, lomba menggambar, dan lomba mewarnai diadakan 8 Mei 2022 di SMAN 3 Yogyakarta.

‘’Pada puncak acara ini akan diadakan serangkaian kegiatan yang tentunya menarik dan menyenangkan. Pemenang dari lomba-lomba yang diadakan akan mendapatkan berbagai hadiah dan penghargaan yang menarik,’’ ujar FRA 2022 Charisse Lana.

Ceri, sapaan Charisse Lana, mengatakan pendaftaran lomba dibuka 31 Maret 2022 hingga 28 April 2022. Petunjuk teknis dan berbagai informasi mengenai Festival Rohani Anak 2022 bisa diakses di bit.ly/MagicalZoo dan Instagram @eventpadz. ‘’Jangan tinggalkan kesempatan emas untuk bertumbuh bersama keajaiban bersama Festival Rohani Anak 2022,’’ ujar Ceri. (*/iwa/ila)

Pendidikan