RADAR JOGJA – International Symposium on Social, Humanities, Education, and Religious Studies (ISSHERS) 2022 akan kembali digelar secara virtual di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Akan dilangsungkan pada tanggal 20 hingga 21 Juli 2022.

ISSHERS merupakan salah satu simposium yang tergabung dalam International Conference on Sustainable Innovation (ICoSI), yang merupakan konferensi unggulan UMY. ICoSI 2022 terdiri dari konferensi fokus multi-disiplin.

Setelah sukses di tahun 2019, 2020, dan 2021, berturut-turut dengan lebih dari 1.000 presenter setiap tahun, ICoSI 2022 menghadirkan 13 konferensi fokus dari berbagai bidang ilmu. Antara lain, ilmu kesehatan dan keperawatan, pertanian dan teknik, ilmu sosial dan ekonomi, serta hukum, dan studi agama.

Tema yang diangkat pada ISSHERS kali ini adalah Strengthening Global Partnership for Resilience (Memperkuat Kemitraan Global untuk Ketahanan). Tidak ada negara yang bisa mengatasi pandemi ini sendirian. Solidaritas global bukan hanya keharusan moral, tetapi juga untuk kepentingan semua orang, demikian yang selalu ditekankan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pandemi Covid-19 kali pertama terjadi pada tahun 2019. Telah membawa banyak perubahan yang menghambat semua negara untuk beradaptasi dengan cepat. Krisis telah menunjukkan kerentanan dan kesenjangan di beberapa sistem utama, termasuk perawatan kesehatan, perlindungan sosial, pendidikan, rantai nilai, jaringan produksi, pasar keuangan, dan ekosistem.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan setiap negara untuk bangkit dari pandemi Covid-19 adalah melalui penguatan multilateralisme, solidaritas internasional, dan kemitraan global. Oleh karena itu, simposium ke-4 ISSHERS kali ini mengangkat tema sentral Memperkuat Kemitraan Global untuk Ketahanan.

Tema ini mencakup subtema yang memungkinkan calon sarjana untuk mengirimkan makalah mereka untuk presentasi Konferensi Virtual dibawah lingkup Ilmu Sosial, Humaniora, Pendidikan, dan Studi Agama. Makalah yang dipresentasikan juga akan mendapatkan kesempatan untuk diterbitkan di penerbit mitra UMY.

“Melalui International Symposium on Social, Humanities, Education, and Religious Studies (ISSHERS), kami berharap para peserta dapat mengekspresikan ide-ide inovatif dan kreatif mereka. Untuk memberikan manfaat dan kontribusi pengetahuan dan memperkuat kemitraan global antar negara,” jelas Ketua ISSHERS, yang juga dosen Prodi Hubungan Internasional UMY, Dian Azmawati SIP MA.

ISSHERS akan menampilkan pembicara utama Darina Martykanová (Universidad Autonoma de Madrid, Spanyol) dan Dr Taufiqur Rahman (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Darina Martykánová adalah seorang sejarawan yang mengkhususkan diri dalam sejarah profesi tekno-ilmiah (insinyur dan dokter) dan dalam produksi.

Darina meneliti maskulinitas dan wacana kemajuan dan peradaban. Dalam hal wilayah geografis, karyanya berfokus terutama pada Spanyol dan Kekaisaran Ottoman, dengan sesekali terjun ke daerah lain. Dia memiliki gelar Turkologi (sejarah dan budaya negara-negara Islam dari Universitas Carolina di Praha dan gelar doktor Eropa dalam Sejarah Kontemporer dari Universitas Otonom Madrid.

Sedangkan Dr Taufiqur Rahman saat ini menjadi dosen di Jurusan Ilmu Komunikasi Fisipol UMY. Menyelesaikan PhD di Media and Communication Studies, School of Social Sciences, The University of Western Australia.

Beberapa karya penelitiannya, Kontekstualisasi Jihad dan Arus Utama Identitas Muslim di Indonesia: Kasus Republika Online. Lintasan wacana jihad di Indonesia. Keramahan dan Komunitas Imajinasi Baru: Persaingan imajinasi ummat Islam di media online Islami di Indonesia.

“Kami mengundang akademisi yang tertarik dengan tema Memperkuat Kemitraan Global untuk Ketahanan untuk mengikuti ISSHERS 2022. Keterangan lebih detail bisa membuka laman https://isshers.umy.ac.id/2022/,” ujar Dekan Fisipol UMY, Dr Takdir Ali Mukti SSos MSi.

Beberapa universitas (scope religious studies) akan menjadi co-host. Yakni UIN Sumatera Utara (2 fakultas dan 4 prodi); UIN Mataram (2 fakultas dan 2 prodi); UIN Imam Bonjol Padang (1 fakultas dan 2 prodi); serta UIN Sulthan Thaha Saifuddin (5 prodi).

ICoSI 2022 yang digelar UMY tahun ini diketuai Zuhud Rozaki SP MAppSc PhD. Tahun ini terdapat 13 simposium. Yakni International Conference on Agribusiness and Rural Development (IConARD); International Conference on Sustainable Agriculture (ICoSA); International Conference on Information Technology, Advanced Mechanical and Electrical Engineering (ICITAMEE); International Symposium of Civil, Environmental, and Infrastructure Engineering (ISCEIE).

Kemudian International Symposium on Social, Humanities, Education, and Religious Studies (ISSHERS); International Conference on Arabic Languange, Lingustic, and Education (ICALLEd); Asian Conference on Comparative Laws 2022 (Asian-CoL); International Conference on Management Sciences (ICoMS).

International Conference of Accounting and Finance (ICAF); International Conference of Medical and Health Sciences (ICMHS); International Conference on Nursing (ICoNURS); International Conference on Pharmaceutical Updates (ICPU); dan Dental Research Exhibition and Meeting (DREAM). (*/iwa/dwi)

Pendidikan